Kamis 08 Feb 2024 10:22 WIB

Tidak Mempan Bujukan Blinken, Netanyahu Tolak Proposal Gencatan Senjata Hamas

Netanyahu bersikeras kemenangan penuh atas Hamas.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
Benjamin Netanyahu.
Foto: EPA-EFE/RONEN ZVULUN
Benjamin Netanyahu.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Rabu (7/2/2024), menolak tawaran terbaru dari Hamas untuk gencatan senjata untuk memastikan pengembalian sandera yang masih ditahan di kantong yang terkepung. Netanyahu bersikeras untuk kemenangan total dalam melawan Hamas, karena itu adalah satu-satunya solusi untuk perang Gaza.

"Hanya kemenangan total yang akan memungkinkan kita untuk memulihkan keamanan di Israel, baik di utara maupun di selatan,” katanya pada konferensi pers, dilansir dari Arab News, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga

Seorang pejabat senior Hamas, Sami Abu Zuhri, menggambarkan pernyataan Netanyahu sebagai keberanian politik yang menunjukkan niat pemimpin Israel untuk melanjutkan konflik di wilayah tersebut. Pejabat Hamas lainnya, Osama Hamdan, mengatakan delegasi Hamas yang dipimpin oleh pejabat senior Hamas Khalil Al-Hayya akan melakukan perjalanan pada hari Kamis ke Kairo, untuk melanjutkan pembicaraan gencatan senjata dengan mediator Mesir dan Qatar.

photo
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) nertemu di Yerusalem, 07 Februari 2024. - (EPA-EFE/GPO/Amos Ben Gershom)

Hamas telah mengusulkan gencatan senjata Gaza selama empat setengah bulan, di mana semua sandera akan dibebaskan, Israel akan menarik pasukannya dari Jalur Gaza dan kesepakatan akan dicapai saat perang berakhir.

Tawaran Hamas, yang isinya pertama kali dilaporkan oleh Reuters, adalah tanggapan atas proposal sebelumnya yang dibuat oleh kepala mata-mata AS dan Israel dan dikirim ke Hamas minggu lalu oleh mediator Qatar dan Mesir.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken membahas tawaran itu dengan Netanyahu setelah tiba di Israel setelah pembicaraan dengan para pemimpin Qatar dan Mesir. Blinken kemudian bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah.

Israel memulai serangan militernya setelah militan dari Gaza yang dikuasai Hamas diduga telah membunuh 1.200 orang dan menyandera 253 orang di Israel selatan pada 7 Oktober. Kementerian kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 27.585 orang Palestina telah dikonfirmasi meninggal dunia, dengan ribuan lainnya masih terkubur di bawah puing-puing bangunan yang porak poranda. Hanya ada satu gencatan senjata sejauh ini, yang berlangsung hanya seminggu pada akhir November.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement