Kamis 08 Feb 2024 10:22 WIB

Tidak Mempan Bujukan Blinken, Netanyahu Tolak Proposal Gencatan Senjata Hamas

Netanyahu bersikeras kemenangan penuh atas Hamas.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
Benjamin Netanyahu.
Foto:

Israel sebelumnya mengatakan tidak akan menarik pasukannya keluar dari Gaza atau mengakhiri perang sampai Hamas musnah. Tetapi sumber yang dekat dengan negosiasi menggambarkan Hamas sebagai mengambil pendekatan baru untuk tuntutan lamanya untuk mengakhiri perang, mengusulkan ini sebagai masalah yang harus diselesaikan dalam pembicaraan di masa depan daripada syarat untuk gencatan senjata.

Menurut dokumen penawaran yang dilihat oleh Reuters dan dikonfirmasi oleh sumber, selama fase 45 hari pertama semua sandera wanita Israel, pria di bawah 19 tahun dan yang tua dan sakit akan dibebaskan, dengan imbalan wanita dan anak-anak Palestina yang ditahan di penjara Israel. Israel akan menarik pasukan dari daerah berpenduduk Gaza.

Implementasi fase kedua tidak akan dimulai sampai pihak-pihak menyimpulkan "pembicaraan tidak langsung atas persyaratan yang diperlukan untuk mengakhiri operasi militer bersama dan kembali ke ketenangan total."

Fase kedua akan mencakup pembebasan sandera laki-laki yang tersisa dan penarikan penuh Israel dari seluruh Gaza. Sisa-sisa jasad akan ditukar selama fase ketiga.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement