Kamis 15 Feb 2024 00:01 WIB

Hindari Konsekuensi Mengerikan Seperti Nakba, Abbas Minta Hamas Sepakati Gencatan Senjata

Hamas juga diminta bahas pertukaran sandera dengan Israel.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyerukan Hamas melindungi rakyat Palestina dengan menyelesaikan kesepakatan gencatan senjata dengan Israel.
Foto:

Negosiasi kesepakatan gencatan senjata di Gaza yang berlangsung di Kairo, Mesir, telah memasuki hari kedua pada Rabu. Seorang sumber Hamas mengungkapkan, pihaknya telah mengutus delegasi ke Kairo untuk bertemu perwakilan Mesir dan Qatar yang bertindak sebagai mediator.

Pada Selasa (13/2/2024) lalu, delegasi Israel sudah terlebih dulu mengadakan pembicaraan dengan perwakilan Qatar dan Mesir. Direktur CIA William Burns dan Kepala Mossad David Barnea terlibat dalam pembicaraan pada Selasa kemarin.

"(Negosiasi) berjalan konstruktif dan bergerak ke arah yang benar," ungkap Juru Bicara Keamanan Nasional AS John Kirby menggambarkan pembicaraan di Kairo.

Dalam negosiasi tersebut, para pihak berupaya menyepakati jeda pertempuran sebelum Israel melanjutkan serangan darat skala penuh ke kota Rafah di perbatasan Gaza-Mesir. Saat ini terdapat 1,4 juta pengungsi Palestina di kota tersebut. PBB telah memperingatkan, operasi militer apa pun ke Rafah dapat mengakibatkan pembantaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement