Kamis 15 Feb 2024 14:49 WIB

Pemerintah AS Berharap Bisa Bekerja Sama dengan Presiden Terpilih

AS apresiasi partisipasi pemilu di Indonesia.

Warga  menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 035 Kampung Curug, Desa Bojong Koneng,  Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). Pemilu 2024 tersebut dilakukan secara serentak di 38 Provinsi dengan jumlah DPT Sebanyak 204.807.222 pemilih untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 035 Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). Pemilu 2024 tersebut dilakukan secara serentak di 38 Provinsi dengan jumlah DPT Sebanyak 204.807.222 pemilih untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) menyampaikan selamat kepada rakyat Indonesia atas partisipasi yang tinggi pada pemilu, Rabu (14/2/2024). Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Matthew Miller, pemilu ini bukti ketangguhan dan komitmen kuat rakyat Indonesia pada proses demokrasi dan institusi pemilu.  

Terkait hasil pemilu tahun 2024 ini, Pemerintah AS menyatakan menunggu hasil yang ditetapkan lembaga yang berwenang, Komisi Pemilihan Umum (KPU). ‘’Kami menunggu pengumuman resmi KPU mengenai hasil pemilu,’’ kata Miller dalam pernyataan, Rabu. 

Baca Juga

Ia menambahkan, tahun ini seiring perayaan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara, Pemerintah AS berharap bisa bekerja sama dengan presiden terpilih dan pemerintahan selanjutnya, juga lembaga legislatif. 

Yakni dalam mewujudkan prioritas bersama yang menguntungkan bagi rakyat kedua negara termasuk dalam mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, dan menjaga stabilitas internasional.

AS dan Indonesia adalah mitra dekat, jelas Miller, yang dipandu oleh prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kemitraan Strategis Komprehensif.  

‘’Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kita akan bekerja untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21,’’ kata Miller. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement