Kamis 15 Feb 2024 16:58 WIB

25 Senator Desak Biden Maksimalkan Upaya Diplomatik Gencatan Senjata di Gaza

Belum ada kesepakatan antara Hamas dan Israel soal genjatan senjata

Rep: Kamran Dikarma / Red: Nashih Nashrullah
Sisa reruntuhan di Rafah Gaza akibat bombardir Zionis Israel (ilustrasi). Belum ada kesepakatan antara Hamas dan Israel soal genjatan senjata
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Sisa reruntuhan di Rafah Gaza akibat bombardir Zionis Israel (ilustrasi). Belum ada kesepakatan antara Hamas dan Israel soal genjatan senjata

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Sebanyak 25 senator Amerika Serikat (AS) telah menulis surat kepada Presiden Joe Biden pada Rabu (15/2/2024).

Dalam surat itu, mereka mendesak Biden agar mengerahkan upaya diplomatik terbaik agar kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza dapat tercapai.

Baca Juga

“Kami menyadari bahwa pencapaian diplomatik seperti itu memerlukan persetujuan dari pihak-pihak yang bertikai, dan persyaratannya masih dalam tahap negosiasi,” kata 25 senator Amerika Serikat dalam suratnya yang dipimpin oleh Senator Jon Ossoff dan Raphael Warnock, dilaporkan Anadolu Agency.

“Menurut penilaian kami, ini adalah demi kepentingan nasional kita yang mendesak – dan kepentingan kemanusiaan yang mendesak dari jutaan warga sipil tak berdosa – agar perundingan ini berhasil,” tambah para senator Amerika Serikat dalam suratnya kepada Biden.

Para senator Amerika Serikat mengungkapkan, mereka mendukung upaya Israel menyingkirkan kelompok Hamas dari Gaza.

Kendati demikian, mereka khawatir, jika pertempuran tak dihentikan, hal itu bakal menciptakan krisis kemanusiaan yang lebih buruk dan harus dipikul oleh warga sipil tak berdosa.

“Tanpa ruang yang diciptakan untuk diplomasi regional melalui pemulihan gencatan senjata, kondisi politik untuk perdamaian dan keamanan yang langgeng tidak akan tercapai, dan meningkatnya konflik regional akan terus mengancam keamanan nasional Amerika Serikat,” kata ke-25 senator Amerika Serikat dalam suratnya.

Saat ini, negosiasi gencatan senjata untuk Gaza masih berlangsung di Kairo, Mesir. Kelompok Hamas telah mengutus delegasi ke Kairo pada Rabu kemarin.

Qatar dan Mesir yang bertindak sebagai mediator dilaporkan sudah mengadakan perundingan dengan perwakilan Israel pada Selasa (13/2/2024).

Direktur CIA William Burns dan Kepala Mossad David Barnea terlibat dalam pembicaraan di Kairo pada Selasa kemarin.

“(Negosiasi) berjalan konstruktif dan bergerak ke arah yang benar,” ungkap Juru Bicara Keamanan Nasional Amerika Serikat John Kirby menggambarkan pembicaraan di Kairo. 

Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah meminta Hamas segera menyetujui proposal gencatan senjata dengan Israel, termasuk di dalamnya pertukaran antara sandera Israel dan tahanan Palestina. 

Abbas berpendapat...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement