Jumat 16 Feb 2024 19:13 WIB

Ucapkan Selamat kepada Prabowo, Putin Yakin Kerja Sama Rusia-Indonesia Terus Berkembang

Putin mendoakan Prabowo sukses, sehat, dan sejahtera.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia Vladimir Putin. DI situs web Kremlin, Putin menyatakan ucapan selamatnya kepada Prabowo Subianto yang raih suara di atas 50 persen berdasarkan hasil penghitungan cepat Pilpres.
Foto: Alexander Kazakov via AP
Presiden Rusia Vladimir Putin. DI situs web Kremlin, Putin menyatakan ucapan selamatnya kepada Prabowo Subianto yang raih suara di atas 50 persen berdasarkan hasil penghitungan cepat Pilpres.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Ucapan tersebut menyusul hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukkan Prabowo memenangkan pemilihan presiden dengan raihan suara rata-rata di atas 55 persen.

"Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden. Hubungan Indonesia-Rusia dilandasi oleh tradisi persahabatan yang hati dan saling menghormati serta berhasil berkembang di berbagai bidang," kata Putin dalam pesan ucapan selamatnya kepada Prabowo, seperti dipublikasikan di situs web Kremlin, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

Putin mengaku yakin aktivitas Prabowo sebagai kepala negara akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut seluruh kerja sama Rusia-Indonesia yang melayani kepentingan warga kedua negara. Selain itu, Putin berpendapat, kerja sama bilateral Jakarta-Moskow bakal berfungsi memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

"Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu tematik dalam agenda bilateral dan internasional," kata Putin dalam pesan penutupnya seraya mendoakan Prabowo sukses, sehat, dan sejahtera.

Selain Putin, beberapa pemimpin negara lainnya juga sudah menyampaikan selamat kepada Prabowo. Hal itu diungkap Prabowo lewat akun X resminya.

"Pada pagi hari ini mendapat sambungan telepon berisi ucapan selamat atas hasil pemilu yang masih berlangsung dari beberapa pimpinan negara. Perdana Menteri Australia PM Anthony Albanese, Perdana Menteri Singapore PM Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia PM Anwar Ibrahim, dan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe. Alhamdulillah, kita wajib bersyukur dan terus mengawal hasil resmi KPU," kata Prabowo di akun X-nya, Kamis (15/2/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement