Selasa 12 Mar 2024 07:37 WIB

Muslim Gaza Memulai Ramadhan tanpa Gencatan Senjata

Bantuan makanan disiapkan untuk berlayar dari Siprus ke pesisir Jalur Gaza.

Rep: Mabruroh/ Red: Gita Amanda
Warga Palestina membeli makanan untuk sahur sebelum berpuasa selama bulan suci Ramadhan di Rafah, Jalur Gaza, Minggu, 10 Maret 2024.
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Warga Palestina membeli makanan untuk sahur sebelum berpuasa selama bulan suci Ramadhan di Rafah, Jalur Gaza, Minggu, 10 Maret 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Bulan suci Ramadhan telah dimulai pada Senin (11/3/2024) di Gaza tanpa gencatan senjata. Umat Muslim Gaza melaksanakan puasa dengan pertempuran berkecamuk antara pasukan Israel dan Hamas, serta krisis kemanusiaan yang mengerikan di wilayah Palestina yang terkepung.

Sebuah kapal amal Spanyol dengan bantuan makanan disiapkan untuk berlayar dari Siprus ke pesisir Jalur Gaza, di mana PBB telah berulang kali memperingatkan kelaparan. Kelompok bantuan mengatakan hanya sebagian kecil dari pasokan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan dasar telah diizinkan masuk ke Gaza sejak Oktober, ketika Israel menempatkannya di bawah pengepungan yang hampir total.

Baca Juga

Sekitar 370 kilometer (230 mil) dari Siprus melintasi Laut Mediterania, Mohammed Harara berdiri di tepi Gaza, berharap bantuan tiba. "Saya sudah menunggu sejak pagi ini, karena besok adalah awal bulan suci Ramadhan dan situasinya sangat tragis," katanya dilansir dari Arab News, Senin (11/3/2024).

Kelompok non-pemerintah Open Arms mengatakan kapalnya akan menarik tongkang dengan 200 ton makanan, yang kemudian akan diturunkan oleh mitranya, badan amal AS World Central Kitchen di pantai Gaza. “Itu diperkirakan akan berangkat dalam beberapa jam mendatang," juru bicara pemerintah Siprus Konstantinos Letymbiotis mengatakan kepada Kantor Berita Siprus.

Pesawat Yordania, AS, Prancis, Belgia, dan Mesir menerjunkan bantuan ke Gaza utara pada hari Ahad (10/3/2024), tetapi koordinator bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk daerah tersebut mengatakan meningkatkan pasokan melalui darat adalah cara terbaik untuk mendapatkan bantuan kepada 2,4 juta orang di wilayah itu.

Bantuan dijatuhkan dari udara

Beberapa paket makanan yang dijatuhkan dari udara umumnya pecah saat terkena benturan. Ini membuat warga mengambil apa yang mereka bisa selamatkan di tanah, gambar AFPTV menunjukkan.

Perang yang dimulai dengan serangan Hamas 7 Oktober di Israel telah menewaskan 31.045 orang Palestina, kebanyakan wanita dan anak-anak. Pembicaraan berminggu-minggu yang melibatkan mediator AS, Qatar, dan Mesir telah bertujuan untuk gencatan senjata enam minggu dan pembebasan banyak sandera yang diambil pada 7 Oktober yang masih ditahan militan. Sebagai imbalannya, Israel akan membebaskan tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel. Tujuannya adalah untuk menghentikan pertempuran pada awal Ramadhan.

Namun kedua belah pihak saling menyalahkan karena gagal mencapai kesepakatan gencatan senjata, setelah Israel menuntut daftar lengkap sandera yang selamat dan Hamas meminta Israel untuk menarik semua pasukannya dari Gaza. 

Seorang sumber dengan pengetahuan tentang pembicaraan gencatan senjata mengatakan kepada AFP bahwa "akan ada dorongan diplomatik terutama dalam 10 hari ke depan" dengan maksud untuk mengamankan kesepakatan dalam paruh pertama Ramadhan. 

“Bulan suci tahun ini adalah semua rasa sakit," kata Ahmed Kamis (40) di Rafah, di mana sekitar 1,5 juta orang telah mencoba mencari perlindungan tetapi masih berisiko dari pemboman Israel. Israel juga telah mengancam untuk meluncurkan operasi darat ke kota selatan.

Di Washington, Presiden Joe Biden, yang menghadapi kritik yang berkembang atas dukungannya yang teguh terhadap Israel saat jumlah korban sipil di Gaza melonjak, mengeluarkan pernyataan yang menandai dimulainya Ramadhan. "Tahun ini, itu datang pada saat yang sangat menyakitkan," kata Biden.

“Ketika Muslim berkumpul di seluruh dunia selama beberapa hari dan minggu mendatang untuk berbuka puasa, penderitaan rakyat Palestina akan menjadi perhatian banyak orang. Itu ada di pikiran saya," tambah Biden.

Di Arab Saudi, Raja Salman menyerukan pesan Ramadhannya untuk komunitas internasional "menegakkan tanggung jawabnya" untuk mengakhiri kejahatan keji ini dan memastikan pembentukan koridor kemanusiaan dan bantuan yang aman.

Dalam pesannya sendiri, kepala PBB Antonio Guterres menyatakan "solidaritas dan dukungannya" kepada semua orang yang menderita karena kengerian di Gaza. Di masa-masa sulit ini, semangat Ramadhan adalah suar harapan, pengingat kemanusiaan kita bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement