Sabtu 16 Mar 2024 04:07 WIB

Rusia: Islamofobia adalah Bentuk Rasisme yang tak Bisa Diterima

Rusia mendukung draf resolusi yang memerangi Islamofobia di Eropa.

Muslim Prancis protes dengan diskriminasi dan Islamofobia
Foto: actofamerika.wordpres.com
Muslim Prancis protes dengan diskriminasi dan Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pemerintah Rusia menganggap Islamofobia sebagai “satu bentuk rasisme yang tidak dapat diterima,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova di Moskow pada Rabu, (12/3/2024), waktu setempat.

Melalui konferensi pers, Zakharova mengatakan mengenai isu tersebut solidaritas Rusia bersama dengan pendekatan negara-negara Muslim dan Organisasi Kerja sama Islam (OKI). “Kami menolak diskriminasi dan pelecehan terhadap umat Islam atas dasar afiliasi keagamaan sekaligus untuk memastikan kebebasan beragama berdasarkan penghormatan tidak hanya untuk individu saja namun juga hak kolektif umat beragama,” katanya.

Baca Juga

Zakharova menjanjikan dukungan Rusia untuk draf resolusi negara-negara Muslim di Majelis Umum PBB yang mengusung tema "Langkah-Langkah untuk Memerangi Islamofobia" dalam rangka Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia yang diperingati setiap 15 Maret.

Resolusi tersebut mengatur penghormatan terhadap Islam sebagai sebuah komponen prinsip keragaman budaya dan agama serta untuk menetapkan mandat Utusan Khusus PBB untuk memerangi bentuk intoleransi beragama tersebut. “Rusia adalah salah satu sponsor draf resolusi itu,” kata Zakharova.

Pekan lalu, Zakharova mengecam Islamofobia yang terjadi di Eropa, mengatakan bahwa Islamofobia telah menyentuh “skala yang belum pernah terjadi sebelumnya” di Majelis Parlemen Dewan Eropa.

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement