Ahad 31 Mar 2024 16:08 WIB

Sekjen PBB Kutuk Serangan Drone Israel Terhadap Tiga Pengamat UNIFIL di Lebanon

Tiga pengamat UNIFIL menjadi korban serangan drone Israel di Lebanon.

Sekjen PBB Antonio Guterres. Dalam pernyataan terbarunya, Guterres mengutuk serangan terhadap tiga pengamat UNIFIL di perbatasan Lebanon dengan  Israel, Sabtu (30/3/2024).
Foto: EPA-EFE/Peter Foley
Sekjen PBB Antonio Guterres. Dalam pernyataan terbarunya, Guterres mengutuk serangan terhadap tiga pengamat UNIFIL di perbatasan Lebanon dengan Israel, Sabtu (30/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, melalui juru bicaranya, Stephane Dujarric, mengutuk serangan terhadap tiga pengamat Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL) di perbatasan Lebanon dengan Israel, Sabtu (30/3/2024). Sekjen PBB juga meminta solusi diplomatis diupayakan bagi krisis antara berbagai pihak di sana.

Media Lebanon pada Sabtu melaporkan bahwa pesawat nirawak (drone) Israel menghantam kendaraan UNIFIL di Wadi Katmoun, desa di Labanon selatan dekat kota perbatasan Rmeish. Sejumlah pengamat militer PBB dilaporkan terluka dalam insiden tersebut.

Baca Juga

Juru bicara UNIFIL mengonfirmasi adanya serangan tersebut dan mengatakan tiga pengamat militer serta seorang penerjemah yang berasal dari Lebanon terluka saat mereka berpatroli jalan kaki di wilayah yang berbatasan dengan Israel. Di sisi lain, angkatan bersenjata Israel membantah telah menyerang kendaraan UNIFIL di Lebanon.

"Sekjen PBB mengutuk ledakan hari ini yang berdampak pada patroli Kelompok Pengamat Lebanon (OGL), melukai tiga pengamat militer OGL dari Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata PBB (UNTSO), dan satu asisten bahasa," menurut pernyataan jubir.

sumber : Antara, Sputnik-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement