Jumat 12 Apr 2024 10:29 WIB

DK PBB: Jangan Halangi Pendistribusian Bantuan ke Gaza

Para anggota Dewan menggarisbawahi perlunya akuntabilitas atas semua insiden.

Rapat DK PBB memutuskan draf resolusi gencatan senjata untuk Gaza.
Foto: republika
Rapat DK PBB memutuskan draf resolusi gencatan senjata untuk Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dewan Keamanan PBB pada Kamis (11/4/2024) menyerukan agar semua kendala dalam pendistribusian bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza segera dicabut. Melalui pernyataan Dewan Keamanan menegaskan bahwa “banyak yang harus dilakukan” untuk membantu warga sipil di wilayah Palestina yang terisolasi tersebut.

Para anggota Dewan menyerukan agar semua hambatan dalam pengiriman bantuan kemanusiaan untuk penduduk sipil segera dicabut. Mereka mendesak pendistribusian bantuan tanpa hambatan.

Baca Juga

Para anggota juga menyatakan keprihatinan mendalam mereka atas serangan udara Israel yang menewaskan tujuh anggota tim World Central Kitchen. Lebih lanjut para anggota juga menuntut agar semua pihak bertikai sepenuhnya menghormati status perlindungan pekerja kemanusiaan, fasilitas dan operasi berdasarkan hukum internasional.

Termasuk juga, mematuhi pemberitahuan kemanusiaan dan mekanisme dekonfliksi dan segera memperbaiki segala kekurangan dalam mekanisme tersebut. “Serangan-serangan mengerikan ini menambah jumlah personel kemanusiaan yang terbunuh di Gaza selama konflik menjadi sedikitnya 224 orang. Lebih dari tiga kali lipat jumlah pekerja bantuan kemanusiaan yang terbunuh dalam konflik apa pun dalam kurun waktu setahun,” menurut pernyataan tersebut.

Para anggota Dewan menggarisbawahi perlunya akuntabilitas atas semua insiden ini, menekankan bahwa perlu dilakukan investigasi penuh, transparan dan komprehensif dalam insiden World Central Kitchen, dan dipublikasi secara menyeluruh.

sumber : antara, wafa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement