Rabu 24 Apr 2024 18:59 WIB

Biden akan Teken Paket Bantuan, Segera Kirim Senjata ke Kiev

AS sahkan RUU bantuan termasuk untuk Ukraina dan Israel.

Presiden AS Joe Biden menyatakan akan segera menandatangani paket bantuan sebesar 95 miliar dolar AS untuk Ukraina, Israel, dan wilayah Indo-Pasifik.
Foto: EPA-EFE/Sipa USA
Presiden AS Joe Biden menyatakan akan segera menandatangani paket bantuan sebesar 95 miliar dolar AS untuk Ukraina, Israel, dan wilayah Indo-Pasifik.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Joe Biden menyatakan akan segera menandatangani paket bantuan sebesar 95 miliar dolar AS untuk Ukraina, Israel, dan wilayah Indo-Pasifik agar dapat mengirim segera senjata dan peralatan ke Ukraina pekan ini. Pada Selasa (23/4/2024), Senat AS mengesahkan RUU senilai kurang lebih Rp 1.500 triliun itu menyusul pemungutan suara dengan hasil 79-18.

Paket itu termasuk 61 miliar dolar AS untuk Ukraina, 26 miliar dolar AS untuk Israel, dan 8 miliar dolar AS untuk inisiatif keamanan Indo-Pasifik. Biden dikabarkan telah menyiapkan 1 miliar dolar AS bantuan persenjataan untuk Ukraina yang bersumber dari undang-undang tersebut.

Baca Juga

"Saya akan menandatangani rancangan undang-undang ini menjadi undang-undang dan menyampaikan pidato kepada rakyat Amerika segera setelah rancangan undang-undang tersebut sampai ke meja saya besok sehingga kami dapat mulai mengirim senjata dan peralatan ke Ukraina pekan ini," kata Biden.

Biden menambahkan bahwa situasi saat ini memerlukan langkah-langkah mendesak dari Washington karena tidak hanya Ukraina, tetapi juga Israel, serta para pengungsi dan mereka yang terkena dampak konflik di Jalur Gaza, Sudan, dan Haiti memerlukan bantuan.

"Undang-undang yang penting ini akan menjadikan bangsa dan dunia kita lebih aman karena kita mendukung teman-teman kita yang membela diri melawan teroris seperti (gerakan Palestina) Hamas, dan tiran seperti (Presiden Rusia Vladimir) Putin," klaim Biden.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement