Senin 06 May 2024 06:13 WIB

Hamas Bombardir Pos Komando Israel, Tiga Tewas Belasan Terluka

Serangan pejuang Palestina disebut untuk menghalau ancaman ke Rafah.

Tentara Israel dengan kendaraan militer berkumpul di posisi di perbatasan selatan Israel dengan Jalur Gaza, dekat kota Rafah, Palestina, 1 Mei 2024.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Tentara Israel dengan kendaraan militer berkumpul di posisi di perbatasan selatan Israel dengan Jalur Gaza, dekat kota Rafah, Palestina, 1 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Sepuluh roket diluncurkan pejuang Hamas ke penyeberangan Karem Abu Salem di selatan Gaza yang berbatasan dengan Israel, Ahad (5/5/2024). Serangan itu menyebabkan tiga tentara Israel tewas dan 11 lainnya terluka, menurut militer Israel. 

Hamas mengklaim, serangan itu ditujukan untuk menghambat rencana invasi Israel ke wilayah Rafah yang dipenuhi pengungsi. Serangan ini adalah aksi terbesar pejuang Palestina sejak beberapa pekan terakhir. 

Baca Juga

Penyerangan itu menyusul berulang kali pernyataan para pejabat bahwa mereka akan menyerang Rafah. Pos Karem Abu Salem adalah titik terdekat untuk memasuki wilayah Rafah dari Israel. 

Juru bicara militer Daniel Hagari mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tiga sersan staf, yaitu Ruben Marc Mordechai Assouline (19 tahun), Ido Testa (19), dan Tal Shavit (21), tewas. Sedangkan Ke-11 prajurit yang terluka antara lain dua prajurit dari Batalyon 931 dan satu prajurit dari Batalyon Goyang yang tercatat dalam kondisi serius.

Aljazirah melansir, Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, telah membagikan video yang menunjukkan para pejuangnya meluncurkan rentetan roket di penyeberangan Karem Abu Salem. 

photo
Titik Masuk Serangan Israel ke Gaza - (Republika)

Dikatakan bahwa roket-roket tersebut menghantam “markas komando dan mobilisasi” militer Israel di persimpangan, “menyebabkan tentara tewas dan terluka”. Menurut Brigade al-Qassam, pejuang menargetkan lokasi tersebut menggunakan sistem rudal Rajum jarak pendek 114 mm.

Sayap bersenjata Hamas di Jalur Gaza telah merilis sebuah video yang menunjukkan salah satu pejuangnya menembak seorang tentara Israel di bagian tengah daerah kantong tersebut.

Brigade al-Qassam mengatakan tentara Israel terkena serangan di selatan lingkungan Tal al-Hawa di sepanjang Koridor Netzarim yang dibangun militer Israel di Gaza untuk memisahkan bagian utara dan selatan. Video tersebut kemudian menunjukkan ambulans militer dikerahkan untuk mengangkut tentara tersebut.

Perlawanan Palestina juga terlibat dalam bentrokan sengit dengan pasukan pendudukan Israel di lingkungan barat dan barat daya Kota Gaza. Koresponden Aljazirah melaporkan bahwa bentrokan sengit terjadi antara kelompok perlawanan dan pasukan pendudukan di lingkungan Al-Zaytoun, selatan Kota Gaza. Reporter tersebut membenarkan bahwa ledakan terdengar di lingkungan Al-Zaytoun dan sekitarnya saat bentrokan terus berlanjut.

Sebaliknya, Brigade al-Quds, sayap militer Gerakan Jihad Islam, mengatakan bahwa mereka mengebom dengan mortir posisi tentara musuh di sekitar kawasan Al-Baidar di Jalan Al-Rashid, sebelah barat Kota Gaza.

Di sisi lain, helikopter Apache milik pendudukan melepaskan tembakan keras di selatan lingkungan Tal al-Hawa dan al-Zaytoun, di selatan Kota Gaza. Artileri pendudukan juga mengebom sekitar Masjid Al-Fadila, sebelah timur lingkungan Al-Zaytoun.

Di Jalur Gaza tengah, Brigade al-Qassam mengatakan bahwa mereka, bersama dengan Brigade al-Quds, mengebom pasukan pendudukan yang ditempatkan di poros “Netzarim”, yang memisahkan bagian utara Jalur Gaza dari pusat dan selatannya, dengan Rudal jarak pendek 107.

Sumber lokal melaporkan kepada Aljazirah bahwa ambulans milik tentara penjajah sedang mengevakuasi orang-orang yang terluka dari poros Netzarim. Helikopter juga mendarat di wilayah poros timur.

Selama tur inspeksi Koridor Netzarim di Jalur Gaza tengah, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan tentara Israel akan melancarkan operasi militer besar-besaran sesegera mungkin di Rafah dan lokasi lain di Jalur Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement