Senin 13 May 2024 12:19 WIB

Kanada Bersiap Hadapi Musim Kebakaran Hutan Terburuk

Tahun lalu, Kanada mengalami musim kebakaran terburuk yang pernah ada.

Rep: Lintar Satria/ Red: Setyanavidita livicansera
Lalu lintas di New York bergerak di sepanjang West Street melewati One World Trade Center, seperti yang tercermin pada fasad sebuah bangunan pada 7 Juni 2023.
Foto: AP Photo/Andy Bao
Lalu lintas di New York bergerak di sepanjang West Street melewati One World Trade Center, seperti yang tercermin pada fasad sebuah bangunan pada 7 Juni 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, ALBERTA -- Kanada mengeluarkan peringatan evakuasi untuk Fort McMurray, Alberta ketika kebakaran hutan di barat daya kota minyak itu tidak terkendali. Peringatan ini langkah pertama menjelang musim kebakaran hutan.

Dalam notifikasi, Sabtu (11/5/2024) malam waktu setempat pemerintah Alberta mengatakan tingkat bahaya kebakaran hutan di area seluas 1.000 hektar di Fort McMurray Forest Area "ekstrem" dan tidak dapat dikendalikan. Pemerintah Alberta mengatakan diperkirakan akan ada angin kencang karena gelombang dingin terus melanda daerah tersebut. Pilot helikopter menggunakan kacamata inframerah untuk mengawasi hutan di waktu malam.

Baca Juga

Dalam kebakaran hutan di Fort McMurray pada 2016 lalu sekitar 90 ribu warga terpaksa mengungsi. Kota itu menghentikan produksi minyak satu juta barel per hari.

Kotamadya Wood Buffalo juga meminta penduduk di Saprea Creek Estates juga dalam keadaan siaga. Pemerintah Daerah Northern Rockies, British Columbia mengeluarkan perintah evakuasi untuk kota Fort Nelson.

 

Pemerintah federal memperingatkan Kanada akan menghadapi musim kebakaran hutan yang “dahsyat” karena suhu musim semi dan musim panas di sebagian besar wilayah negara ini pada tahun ini diperkirakan lebih tinggi dari biasanya akibat fenomena cuaca El Nino.

Perdana Menteri Justin Trudeau bertemu dengan para kepala pemadam kebakaran di West Kelowna, salah satu dari beberapa komunitas di British Columbia yang terpaksa mengungsikan ribuan warganya pada musim panas lalu. Ia mengatakan tahun ini kemungkinan akan menjadi “musim kebakaran hutan yang sangat buruk.”

“Orang-orang khawatir tentang apa yang akan terjadi pada musim panas ini. Orang-orang khawatir tentang apa yang akan terjadi di masa depan,” katanya. Tahun lalu, Kanada mengalami musim kebakaran terburuk yang pernah ada, dengan lebih dari 6.600 titik api yang membakar 15 juta hektar. Delapan petugas pemadam kebakaran tewas dan 230.000 orang dievakuasi dari rumah mereka.

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement