Senin 13 May 2024 23:50 WIB

Wanita Belanda Peringati Hari Ibu dengan Aksi Demo Dukung Palestina

Mereka menentang genosida Israel yang membunuh ibu dan anak di Palestina.

Penyelenggara Helena Pylvainen berbicara ketika putrinya, Lumi Moor, berdiri di sisinya saat sekelompok ibu berkumpul untuk memprotes perang di Gaza pada Hari Ibu di Philadelphia, Ahad, 12 Mei 2024.
Foto: David Maialetti/The Philadelphia Inquirer via
Penyelenggara Helena Pylvainen berbicara ketika putrinya, Lumi Moor, berdiri di sisinya saat sekelompok ibu berkumpul untuk memprotes perang di Gaza pada Hari Ibu di Philadelphia, Ahad, 12 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Sekelompok wanita di Belanda memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 12 Mei dengan melakukan aksi jalan sebagai dukungan kepada para ibu Palestina di Gaza.

Wanita-wanita tersebut berkumpul di Lapangan Binnenrotte pada Ahad (12/5/2024) sambil membentangkan spanduk bertuliskan "Ibu-ibu menentang genosida". Mereka berjalan beriringan melewati pusat kota dan berkumpul di depan patung Ibu dan Anak sambil membawa boneka bayi yang dibungkus kain kafan berdarah.

Baca Juga

Beberapa ibu melakukan aksi demo di depan kedai McDonalds, Starbucks dan Burger King, menyoroti penderitaan para ibu di Gaza. Mereka menyerukan slogan melawan Israel termasuk "Stop membunuh para ibu" dan Ibu-ibu menentang bom."

Momen emosional terjadi setelah melakukan aksi jalan, di mana para peserta menceritakan penderitaan anak-anak dan ibu-ibu di Gaza.

Juru bicara aksi menyoroti hak para ibu dan anak-anak di Palestina untuk merayakan Hari Ibu, menekankan bahwa mereka tidak bisa melakukannya.

Seorang ibu asal Belanda Shirley Stout ikut dalam aksi tersebut menyertakan bayinya dan mengungkapkan solidaritasnya terhadap para ibu di Palestina.

“Setiap hari, setiap jam, setidaknya dua ibu meninggal di sana. Anak-anak meninggal dan menjadi yatim piatu. Mereka kehilangan rumah dan keamanan. Bagaimana kita bisa merayakan (Hari Ibu) di sini sementara para ibu berdiri di sana sambil menggendong anak-anak mereka yang meninggal?” kata Stout.

Dia juga menekankan kewajiban untuk bersuara menentang genosida dan memboikot pihak-pihak yang mendanai genosida tersebut.

"Kita semua manusia, kita semua Palestina, dan mereka adalah anak-anak kita," sebut Stout, menggarisbawahi perlunya setiap orang untuk bersuara.

"Mereka semua ibu kita. Ini masa depan kita. Ini masa depannya (putri Stout). Ini untuk anak-anak kita. Semua anak-anak berhak hidup bebas dan bukan di bawah penjajahan," tambahnya.

Aksi serupa digelar di Philadelphia, Amerika Serikat. Ibu-ibu menggelar aksi protes meminta serangan Israel di Gaza dihentikan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement