Selasa 14 May 2024 16:42 WIB

Forum Kerja Sama Cina-Arab Ke-10 akan Digelar di Beijing

Forum tersebut bertujuan meningkatkan dialog dan kerja sama Beijing-Arab.

Seorang pria mengenakan masker saat berjalan membawa bendera Cina di Guangzhou, Guangdong, Cina.
Foto: EPA-EFE / ALEX PLAVEVSKI
Seorang pria mengenakan masker saat berjalan membawa bendera Cina di Guangzhou, Guangdong, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Kamran Dikarma dari Beijing, Cina

 

Baca Juga

Pemerintah Cina mengagendakan penyelenggaraan the 10th Ministerial Conference of the China-Arab States Cooperation Forum di Beijing. Forum tersebut bertujuan meningkatkan dialog dan kerja sama antara Beijing dengan negara-negara Arab.

“The 10th Ministerial Conference of the China-Arab States Cooperation Forum akan diadakan di Cina dan akan menjadi konferensi tingkat menteri pertama yang diadakan sejak KTT perdana Cina-negara-negara-Arab,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin dalam pengarahan pers, Senin (13/5/2024).

 

Dia menambahkan, saat ini negaranya bersama dengan negara-negara Arab seang melakukan persiapan intensif untuk menyelenggarakan KTT tersebut. “Kami akan merilis informasi tepat waktu tentang pertemuan itu,” ucapnya.

Wang mengatakan, the Ministerial Conference of the China-Arab States Cooperation Forum sangat penting dalam membangun pencapaian masa lalu dan memetakan masa depan. Dia mengungkapkan, tahun ini menandai peringatan 20 tahun berdirinya forum tersebut.

“Selama dua dekade terakhir, di bawah bimbingan diplomasi kepala negara, forum ini selalu mencapai tujuannya untuk meningkatkan dialog dan kerja sama serta mendorong perdamaian dan pembangunan, dan telah menjadi merek emas dalam mempromosikan dialog kolektif dan kerja sama praktis antara Cina dan negara-negara Arab,” ujar Wang.

Dia menambahkan, the Ministerial Conference of the China-Arab States Cooperation Forum telah menghasilkan kontribusi penting dalam memajukan hubungan antara Cina dan negara-negara Arab. Selain itu, forum tersebut juga memberikan contoh yang baik dalam kerja sama Selatan-Selatan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement