Kamis 16 May 2024 19:44 WIB

Presiden Xi Jinping dan Vladimir Putin Capai Lima Kesepakatan

Kedua negara segera lakukan perbaikan struktural lebih lanjut dalam kerja sama mereka

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin mencapai lima kesepakatan terkait hubungan bilateral kedua negara.
Foto:

Kedua presiden menetapkan tahun 2024 dan 2025 sebagai Tahun Kebudayaan China-Rusia, mengusulkan serangkaian kegiatan kebudayaan yang membumi, dekat di hati masyarakat dan populer di kalangan mereka, serta mendorong interaksi yang lebih erat antar berbagai sektor dan di tingkat lokal sehingga meningkatkan saling pengertian dan kedekatan antara kedua bangsa.

Kesepakatan keempat, China dan Rusia berkomitmen terhadap koordinasi strategis sebagai landasan hubungan, dan mengarahkan tata kelola global ke arah yang benar.

China dan Rusia akan tetap menjalin koordinasi dan kolaborasi yang erat dalam kerja sama multilateral seperti PBB, APEC dan G20, serta memajukan multipolarisme dan globalisasi ekonomi. Dengan Rusia sebagai ketua BRICS pada 2024 dan China mengambil alih kepemimpinan Organisasi Kerja Sama Shanghai pada akhir 2024, kedua presiden akan saling mendukung kepemimpinan masing-masing.

Kesepakatan kelima, China dan Rusia berkomitmen terhadap keadilan dan berdedikasi pada penyelesaian lewat jalur politik atas bebagai konflik.

Kedua presiden berpandangan bahwa penyelesaian konflik Palestina-Israel adalah hal yang mendesak. Resolusi-resolusi PBB harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan permasalahan Palestina harus diselesaikan berdasarkan solusi dua negara.

"Kedua presiden percaya penyelesaian jalur politik adalah jalan yang tepat untuk mengatasi krisis Ukraina. Posisi China dalam masalah ini konsisten dan jelas, termasuk mematuhi tujuan dan prinsip Piagam PBB, menghormati kedaulatan dan integritas wilayah semua negara, menghormati keamanan semua pihak, dan membangun arsitektur keamanan baru yang seimbang, efektif dan berkelanjutan," seperti tertulis dalam pernyataan tersebut.

 

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement