Sabtu 18 May 2024 09:25 WIB

PM Spanyol Berkoordinasi dengan Negara Lain untuk Buat Pengakuan Bersama Negara Palestina

Spanyol siap mengakui negara Palestina.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara, Pool
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pemerintah Spanyol tidak berniat mengakui negara Palestina pada 21 Mei 2024. Namun, menurut Perdana Menteri Pedro Sanchez, Spanyol siap mengakui negara Palestina bersama dengan negara lain nantinya.

“Ini tidak akan terjadi pada Selasa depan karena kami sedang berkoordinasi dengan negara-negara lain supaya kami membuat deklarasi dan pengakuan bersama,” katanya dalam wawancara dengan stasiun TV Spanyol La Sexta yang disiarkan, Jumat (17/5/2024).

Baca Juga

Pernyataan PM Sanchez itu bergulir setelah pekan lalu, Lembaga Penyiaran Publik Irlandia (RTE) melansir berita bahwa Irlandia, Spanyol, Slovenia dan Malta sedang mempertimbangkan untuk secara resmi mengakui negara Palestina pada 21 Mei. Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares tidak mengonfirmasi laporan tersebut, namun mengisyaratkan bahwa telah ada keputusan yang fundamental.

Saat ini, Palestina telah diakui oleh sembilan negara anggota Uni Eropa yakni Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Hongaria, Malta, Polandia, Rumania, Slovakia, dan Swedia. Bulgaria, Siprus, Republik Ceska, Hongaria, Malta, Polandia, Rumania, dan Slovakia telah mengakui negara Palestina pada 1988 atau sebelum mereka bergabung dengan Uni Eropa, sedangkan Swedia melakukannya pada 2014.

 

 

photo
Sejarah Perlawanan Palestina - (Republika)

sumber : Antara, Sputnik

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement