Sabtu 25 May 2024 21:20 WIB

Seratusan Tank Leopard 1 yang Dikirim Eropa untuk Ukraina Ternyata dalam Kondisi Rusak

Tank-tank yang dikirim ke Ukraina tak dapat menembak karena rem mundurnya hilang.

Tank Ukraina saat menembakan misil.
Foto: VOA
Tank Ukraina saat menembakan misil.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Setidaknya sebanyak 100 tank Leopard 1 yang diberikan Denmark, Jerman, dan Belanda kepada Ukraina sebagai bantuan militer mengalami kerusakan akibat suku cadang yang hilang. Media DR melaporkan, masalah dengan tank-tank tersebut begitu jelas sehingga Ukraina menolak menerima senjata yang berada di bawah komando mereka.

Dilaporkan bahwa menurut dokumen Kementerian Pertahanan, industri pertahanan Jerman khususnya, tidak memenuhi janji kepada Ukraina. Dokumen tersebut mengatakan tank-tank yang dipilih untuk dikirim ke tentara Ukraina tidak dapat menembak karena rem mundurnya hilang.

Baca Juga

Kementerian Pertahanan memastikan bahwa mekanik Denmark dikerahkan untuk memperbaiki tank yang rusak. “Lebih dari 90 tank” telah diperbaharui, namun belum semuanya dikirimkan, katanya.

“Untuk memastikan bahwa ada cukup tank untuk digunakan dalam pelatihan di Jerman, telah diputuskan – melalui koordinasi dengan industri Ukraina dan Jerman – untuk mempertahankan sejumlah tank di area pelatihan,” kata kementerian tersebut, menolak menjawab jika mekanik Denmark masih membantu menyiapkan tank.

Menteri Pertahanan Denmark Troels Lund Poulsen, menanggapi laporan DR, mengatakan: “Penting untuk diingat bahwa sumbangan sebesar ini dan dengan kecepatan seperti ini adalah sesuatu yang baru bagi kami. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dan oleh karena itu tantangan akan muncul seiring berjalannya waktu, seperti yang kita lihat pada tank Leopard 1, misalnya.”

Dia mengatakan Denmark akan menyelesaikan masalah yang ada bersama dengan mitranya dan Ukraina. “Yang terpenting adalah kami, bersama sekutu kami, mampu mendukung perjuangan Ukraina meraih kebebasan – dalam jangka pendek dan jangka panjang,” katanya dalam sebuah pernyataan.

 

sumber : Antara, Anadolu

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement