Selasa 27 Mar 2018 08:19 WIB

Kim Jong-un Dikabarkan Kunjungi Cina

Kunjungan ke Cina menjadi lawatan luar negeri pertama Kim Jong-un.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Kim Jong un
Foto: EPA/KCNA
Kim Jong un

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan telah melakukan kunjungan ke Cina. Hal itu merupakan kunjungan luar negeri pertamanya sejak menjabat sebagai pemimpin Korut pada 2011.

Media Jepang, Kyodo, mengutip beberapa sumber anonim melaporkan, pada Ahad (25/3) sebuah kereta khusus telah melintasi daerah perbatasan Dandong menuju Beijing. Kereta itu disebut membawa Kim Jong-un dan pejabat tinggi Korut lainnya.

Di media sosial Cina, sejumlah penduduk Dandong mengatakan ada keamanan yang sangat ketat di sekitar stasiun kereta api di sana. Desas-desus yang beredar adalah Kim Jong-un sedang melintas.

Reuters melaporkan, kepolisian Cina juga memperketat penjagaan dan melakukan sterilisasi turis dari Lapangan Tianamen. Hal itu hanya terjadi bila terdapat pemimpin negara lain yang berkunjung ke Cina dan melakukan pertemuan di Aula Besar Rakyat.

Kepolisian Cina, pada Senin (26/3) sore waktu setempat, juga memperketat keamanan di sepanjang jalan utama timur-barat Beijing, Changan Avenue. Mereka menutup pintu masuk ke beberapa bangunan yang menghadap jalan.

Beberapa sumber diplomatik mengatakan kepada Reuters bahwa ada pengamanan tinggi di sekitar Diaoyutai State Guest House. Tempat itu biasa digunakan untuk menginap pejabat tinggi luar negeri yang tengah berkunjung ke Cina.

Kendati spekulasi dan desas-desus perihal kunjungan Kim Jong-un ke Cina telah beredar, tetapi pemerintah Cina dan Korut belum mengonfirmasi hal tersebut. Kedutaan Besar Korut di Beijing tak merespons panggilan telepon saat hendak ditanya perihal benar atau tidaknya kunjungan itu.

Pemimpin Korut sebelumnya, yakni Kim Jong-il, pernah melakukan kunjungan kenegaraan ke Cina dengan menggunakan kereta pribadi. Pengamanan ketat dilakukan selama perjalanan dan kunjungan berlangsung.

Baik Cina maupun Korut tidak memberitahu perihal kunjungan tersebut. Kedua negara baru mengonfirmasi setelah Kim Jong-il meninggalkan Cina dan kembali ke negaranya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement