Ahad 13 Nov 2011 13:32 WIB

Mayoritas Rakyat AS Tolak Rencana Serangan ke Iran

ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah jajak pendapat terbaru CBS News menunjukkan bahwa 72 persen rakyat Amerika tidak melihat Iran sebagai ancaman atau percaya bahwa diplomasi adalah langkah terbaik dalam berurusan dengan Tehran.

55 persen warga Amerika yang disurvei mengatakan masalah Iran dapat diselesaikan melalui diplomasi dan 17 persen mengatakan Iran bukan ancaman.

Amerika Serikat, rezim Zionis Israel dan beberapa sekutu Barat mereka telah menggunakan retorika keras terhadap Republik Islam Iran sebelum dan setelah perilisan laporan terbaru IAEA tentang program nuklir Tehran.

Beberapa pejabat Israel termasuk Presiden Shimon Peres mengatakan dalam sepekan terakhir bahwa serangan militer terhadap Iran sudah lebih dekat. Seorang pejabat senior Rusia memperingatkan konsekuensi serius atas sebuah serangan militer terhadap Iran.

"Sebuah operasi militer terhadap Iran bisa memiliki konsekuensi serius," kata Ketua Komite Urusan Internasional Duma Rusia, Konstantin Kosachev pada Kamis.

Pemerintah Brazil juga menyatakan penentangan terhadap setiap tindakan paksaan atas Iran. Pentagon bahkan telah memperingatkan konsekuensi yang tidak diinginkan dari setiap serangan militer ke Iran.

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan pada Kamis bahwa serangan bisa memiliki dampak serius di Timur Tengah dan terhadap pada pasukan AS di kawasan.

sumber : IRIB Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement