Senin 24 Sep 2012 21:00 WIB

33 Tewas 1 Juta Ngungsi Akibat Banjir Tanah Longsor

REPUBLIKA.CO.ID, GUWAHATI -- Banjir dan tanah longsor akibat hujan tanpa henti di India telah menewaskan sedikitnya 33 orang. Sementara, sebanyak satu juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka selama satu pekan belakangan.

Tak kurang dari 21 orang tewas akibat tanah longsor dan delapan orang lagi hilang di negara bagian Sikkim. Wilayah yang bergunung-gunung. Demikian kata Juru Bicara pemerintah setempat A.S. Tobgay.

Banjir juga menerjang wilayah negara bagian Assam yang dikenal sebagai penghasil teh. Delapan orang tewas dan 20 orang lagi hilang. Banjir juga membuat hampir satu juta orang meninggalkan tempat tinggal mereka.

Seorang pejabat senior Lembaga Penanganan Bencana di negara bagian Assam mengatakan banyak orang sekarang berlindung di pinggir jalan atau berbagai tempat penampungan. Sementara, empat orang terkubur lumpur longsor dan tewas di Negara Bagian Arunachal Pradesh.

Tim tanggap bencana militer dan fedeal telah menggelar operasi untuk memindahkan orang ke tempat yang lebih tinggi dengan menggunakan helikopter dan perahu karet. Hampir 100 tempat penampungan telah didirikan guna menampung orang yang meninggalkan rumah mereka.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement