Senin 17 Nov 2014 08:56 WIB

Ribuan Orang Lakukan Parade Gay di Brasil

Rep: C84/ Red: Citra Listya Rini
Gay
Gay

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO  --  Ribuan orang mengikuti Parade Gay ke-19 di Rio de Janeiro, Brasil pada Ahad (16/11) waktu setempat. Parade ini dilakukan untuk menentang homofobia dan mengecam kekerasan yang menargetkan ke arah komunitas gay di negara tersebut.

Mengusung slogan "Satu Juta Suara" kaum Gay, Lesbian, Transeksual dan para pendukungnya berbaris dan menyuarakan aspirasinya di sepanjang pantai Copacabana. "Penting bagi yang lainnya untuk memahami hak-hak mereka," kata Carlos Tufvesson, salah satu penyelenggara acara, dikutip AFP, Senin (17/11).

Di Brasil tercatat ada 312 pembunuhan terhadap orang di komunitas gay pada 2013. Sekitar 300 dari motif pembunuhan itu didasarkan pada orientasi seksual. Sekitar 40 persen dari kejahatan yang ada di negara yang terkenal dengan sepakbolanya itu menyerang kaum Gay.

Selama bertahun-tahun anggota parlemen di negara Katolik dan sosial-konservatif itu menentang RUU untuk mengkriminalisasi homofobia. Namun, belakangan pengadilan tertinggi negara itu telah mengambil langkah-langkah yang mendukung hak-hak gay.

Pada tahun 2011, Mahkamah Agung mengakui serikat gay yang diberikan hak yang sama. Mahkamah Agung Brasil memutuskan pada 2013 bahwa lembaga-lembaga publik tidak bisa menolak aplikasi pernikahan gay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement