Rabu 01 Apr 2015 01:00 WIB

Kota di Texas Bakal Gunakan 100 Persen Energi Ramah Lingkungan

Energi Terbarukan
Foto: energy.gov
Energi Terbarukan

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Sebuah kota di Texas akan beralih menggunakan 100 persen energi terbarukan. Awal bulan ini, Kosta Rika berhasil menggunakan energi terbarukan selama 75 hari. Selanjutnya, Georgetown, sebuah kota kecil di Texas dengan penduduk 50 ribu telah berkomitmen untuk menanggalkan bahan bakar fosil pada tahun 2017.

Rencananya, pemerintah kota Georgetown akan menggunakan energi angin dan tenaga surya sebagai sumber energi. Hal ini didasari lantaran kota tersebut memiliki sinar matahari yang cukup di siang hari dan pada malam hari, kota tersebut biasanya berangin kencang. Mereka memperkirakan sumber energi ini cukup untuk menghidupkan kota sepanjang waktu.

"Awal tahun lalu, Georgetown membuat kesepakatan dengan dewan energi terbarkan untuk mengakuisisi sekitar 75 persen dari output yang dihasilkan sebesar 194 megawatt," ujar Daniel Gross, salah seoarang pejabat setempat sperti dikutip Sciencealert.

Pekan lalu, Georgetown telah membeli daya output dari pembangkit tenga surya dengan kapasitas gabungan 150 megawatt. Gross mengatakan upaya yang dilakukan ini dalam rangka meunju energi terbarukan. Smentara batu bara sebagai sumber energi kini menjadi semakin mahal. Di sisi lain,  kini cukup sulit untuk mendapatkan listrik dari tenaga air.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement