Rabu 01 Apr 2015 12:14 WIB

Ribuan Buruh Vietnam Mogok Enam Hari

Rep: C07/ Red: Ilham
Massa buruh yang mengatasnamakan Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga (Jala PRT) menggelar aksi di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/3).  (Republika/Agung Supriyanto)
Massa buruh yang mengatasnamakan Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga (Jala PRT) menggelar aksi di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/3). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Ribuan pekerja pabrik sepatu Po Yuen di Vietnam melakukan aksi mogok di hari keenamnya sebagai wujud protes hukum asuransi sosial di Vietnam. Pekerja memulai aksi mogok sejak Kamis (26/3), lalu.  

Pabrik Pou Yuen Vietnam, yang merupakan anak perusahaan dari Pou Chen Group mempekerjakan lebih dari 80.000 pekerja. Mereka membuat sepatu untuk perusahaan seperti Nike dan Adidas.

Para pekerja memprotes undang-undang yang baru, yang mulai berlaku tahun depan. Aturan itu mengharuskan pekerja untuk membeli asuransi sosial ketika mereka pensiun ketika mendapatkan pembayaran satu kali.

Perlu diketahui, sebagian besar kesejahteraan buruh dan upah di Vietnam sangatlah rendah. Meskipun sudah dilakukan protes, namun pemerintah masih jarang menggubrisnya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement