Ahad 26 Apr 2015 23:08 WIB

Kisah Animator Disney Diabadikan di Museum Sharpsteen

Rep: C27/ Red: Ilham
Salah satu karia seorang animator (ilustrasi)
Salah satu karia seorang animator (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Didirikan oleh seorang pensiunan animator Disney, Ben Sharpsteen dan istrinya Bernice, Museum Sharpsteen menampilkan sejarah kota Calistoga di Northern California Napa Valley.

Dilansir atlasobscura.com, hubungan keluarga Ben Sharpsteen dengan Calistoga mencakup beberapa generasi. Ayah Ben, William pertama kali datang ke Calistoga Hot Springs pada tahun 1874 ketika ia berusia 11 tahun. Sementara, kunjungan pertama Ben ke Calistoga pada tahun 1903 pada usia tujuh tahun. Saat itu, kakeknya baru saja membeli sekitar 300 hektar tanah di utara kota dan Ben menghabiskan musim panas di sana selama 12 tahun.

Pada tahun 1919, Ben dipecat dari Korps Marinir di New York dan dia mencari pekerjaan lain. Dia dipekerjakan oleh Hearst International Service Film sebagai magang animasi dan ia dipromosikan menjadi animator enam bulan kemudian.

Dia melanjutkan untuk bekerja ke beberapa studio animasi di New York termasuk studio Max Fleischer. Tahun 1929, Ben menerima surat dari Walt Disney, perintis film animasi dengan suara. Disney meminta untuk bertemu dengannya di Hollywood. Ben terkesan dengan apa yang Disney lakukan, dan ia mulai bekerja untuk Walt sebagai animator.

Seiring berjalannya waktu, Ben mengambil banyak peran seperti pengawa dan sutradara di studio. Dia mengerjakan lebih dari 50 film untuk Disney, baik sebagai animator, sutradara atau produser, dan dalam semua karyanya yang memenangkan 11 piala Oscar. Setelah bekerja untuk Disney selama 30 tahun, Ben pensiun pada tahun 1959 dan pindah bersama istrinya, Bernice, ke Calistoga.

Ben sangat bergairah tentang pendidikan dan apresiasi sejarah lokal, dan tentu saja dia memiliki kesukaan tertentu pada Calistoga, setelah menghabiskan begitu banyak waktu di sana pada masa mudanya.

Tahun 1976, ia mulai membangun Museum Sharpsteen. Dia mengisinya dengan berbagai keterampilan yang telah ia pelajari di Walt Disney Studios sebagai seniman, pendongeng, dan produser.

Museum ini dikemas dengan menampilkan artefak dan diorama yang menggambarkan sejarah Calistoga. Salah satu inti pameran adalah diorama berukuran 30-kaki yang menggambarkan Calistoga Hot Springs Sam Brannan.

Brannan adalah seorang pengusaha yang memiliki banyak kepentingan bisnis di San Francisco. Barnnan membuka resor tahun 1862 dan kemudian mendirikan sebuah jalur kereta api ke Calistoga yang membawa pengunjung dari San Francisco dan kota-kota lain, dan ini adalah faktor utama dalam pembangunan daerah.

Pajangan lain yang ada di museum adalah sebuah tempat perhentian asli yang pernah mengangkut pengunjung dari atau ke Calistoga, sebelum pembentukan jalur kereta api.

Museum ini memiliki dua pameran khusus setiap tahun. Museum ini juga membayar upeti kepada Ben dan Bernice Sharpsteen sebagai pendiri. Museum ini juga menampilkan artefak dari sejarah keluarga Bernice dan karir animasi Ben, termasuk salah satu dari piala Oscar-nya.

The Sharpsteens diserahkan ke Kota Calistoga pada tahun 1978. Sejak saat itu museum dikelola oleh sukarelawan. Ben meninggal pada tahun 1980 dan Bernice mengikutinya pada tahun 1982, namun warisan mereka hidup dalam Museum Sharpsteen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement