Selasa 28 Jul 2015 14:40 WIB

NASA Desain Roket Terbesar di Dunia

Desain roket buatan NASA
Foto: Daily Mail
Desain roket buatan NASA

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Antariksa AS (NASA) akan segera memiliki roket terbesar. Space Launch System (SLS) akan dirancang untuk mengirimkan astronout menuju Mars. Roket ini akan memiliki tinggi 1.012 meter. Rencananya, roket ini akan dibangun pada tahun 2018.

Dilansir dari laman Daily Mail, ilmuwan kini telah menyelesaikan desain utama pembuatan roket yang digadang-gadang akan menjadi terbesar dan terkuat di dunia. Roket ini terdiri dari mesin RS-25 yang sebelumnya digunakan untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke orbit tujuan. Mesin RS-25 ini sebelumnya merupakan mesin pesawat ulang alik. Empat mesin RS-25 akan memberikan kekuatan lebih bagi NASA untuk melakukan eksplorasi ruang angkasa.

Roket ini bisa membawa 70 metrik ton atau setara dengan 77 mobil bak terbuka. Misi pertama roket ini adalah untuk meluncurkan pesawat luar angkasa tanpa awak Orion untuk 'uji' sistem yang terintegrasi dari roket ini. Setelah peluncuran pesawat tanpa awak ini dianggap berhasil, selanjutnya, roket ini akan melangsungkan penerbangan berawak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement