Selasa 01 Sep 2015 13:57 WIB

Kebakaran di Penjara Venezuela Tewaskan 17 orang

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Djibril Muhammad
Penjara   (ilustrasi)
Foto: AP/Rick Bowmer
Penjara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Kebakaran terjadi di Penjara Tocuyito, Venezuela, Senin (1/9) pagi waktu setempat. Akibatanya 17 orang tewas dan 11 orang luka.

 

"Delapan perempuan dan sembilan laki-laki tewas akibat kebakaran di penjara di negara bagian Carabobo," kata jaksa penuntut setempat.

Penyebab kebakaran itu sedang diselidiki, tetapi belum ada indikasi bagaimana kebakaran terjadi.

Direktur kelompok hak asasi penjara untuk kebebasan Carlos Nieto mengatakan, narapidana memberitahukan kepadanya bahwa kebakaran disebabkan kesalahan listrik.

"Pihak berwenang lalai karena tidak memiliki kondisi penjara yang memadai,’’ kata Nieto. Namun, otoritas penjara tidak menanggapi komentar tersebut.

Penjara di Venezuela saat ini sangat sesak akibat menampung 55 ribu narapidana. Padahal, penjara ini dirancang untuk sekitar sepertiga dari jumlah total napi yang ada saat ini.

Lembaga permasyarakatan ini sering dijalankan oleh narapidana bersenjata yang memiliki akses mudah terhadap obat-obatan dan ponsel. Pada bulan Oktober 2014, pemerintah merelokasi lebih dari setengah tahanan Tocuyito, namun jumlahnya hanya sekitar 2.000 orang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement