Sabtu 28 Nov 2015 21:40 WIB

Panda Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke-35

Rep: C38/ Red: Yudha Manggala P Putra
Panda tertua dunia bernama Basi merayakan ulang tahun ke 35
Foto: IB Times
Panda tertua dunia bernama Basi merayakan ulang tahun ke 35

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Seekor panda tertua kedua di dunia hari ini tengah berulang tahun. Panda bernama Basi itu merayakan ulang tahunnya yang ke-35 di Fuzhou, Provinsi Fujian, China, Sabtu (28/11). Panda ini terkenal di seluruh China ketika dia terpilih menjadi ikon Pan Pan, maskot Beijing Asian Games 1990.

Banyak wisatawan asing mengenal Basi dari kunjungannya ke Kebun Binatang San Diego di Amerika Serikat, pada 1987. Penampilannya selama enam bulan di kota itu merebut hati sekitar 2,5 juta pengunjung.

Dilansir dari IB Times, Sabtu (28/11), pesta ulang tahun ini dimulai setelah dia menyelesaikan latihan rutin dan tes kesehatan. Sebuah kue spesial dibuat untuk Basi, yang langsung dinikmati dengan rakus oleh panda ini.

Lebih dari 300 orang dari dalam dan luar negeri datang untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Mereka membawakan bebagai jenis hadiah, termasuk mainan dan lukisan.

Peringatan ulang tahun Basi sebenarnya telah berlangsung sejak Mei lalu. Penyelenggara menampilkan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai konservasi Panda. Sebuah film animasi berdurasi satu menit yang menampilkan sosok panda ini diputar selama sepuluh hari di layar New York’s Times Square pada 21 September.

Panda raksasa adalah salah satu spesies yang paling terancam punah di dunia. Menurut data resmi, pada akhir 2013 ada 1.864 panda raksasa hidup di alam bebas, sebagian besar di China sebelah barat daya, dan 375 lainnya di penangkaran.

Usia rata-rata panda yang hidup di alam bebas sekitar 15 tahun. Adapun, panda di penangkaran biasanya hidup lebih lama karena ketersediaan gizi dan lingkungan hidup yang lebih baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement