Kamis 17 Mar 2016 17:36 WIB

Rachmawati Samakan Sukarno dan Hugo Chavez

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Rachmawati Sukarnoputri
Foto: antara
Rachmawati Sukarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus senior Indonesia Rachmawati Sukarnoputri menilai, mantan presiden Venezuela Hugo Chavez Frias dalam melawan kekuatan neokolonialisme dan neoimperialisme sama dengan perjuangan tokoh proklamator Indonesia Sukarno.

Menurutnya, jika berbicara tentang pimpinan revolusi Bolivar Chavessemua, orang mengetahui bahwa dia adalah salah satu pemimpin di kawasan Amerika Latin yang paling gigih dan konsisten melawan praktik-praktik neokolonialisme dan neoimperialisme negara-negara kapitalis.

“Perjuangan commander Chavez di dalam melawan kekuatan neokolonialisme dan neoimperialisme sama dan sebangun dengan perjuangan Bung Karno,” katanya di sela-sela pidato pembukaan acara dengan tema "Thought Force and Work of the Commander Hugo Chaves Frias" di aula Universitas Bung Karno, di Jakarta, Kamis (17/3).

Ia menjelaskan, Sukarno yang juga ayah Rachmawati, telah mengajarkan agar setiap pemerintahan di sebuah negara merdeka dan berdaulat harus melaksanakan sistem politik, ekonomi, budaya yang bebas dari pengaruh dan intervensi kepentingan asing. Kemudian, bebas dari praktik "Exploitation de L'Homme Par L'Homme" maupun "Exploitation de Nation par Nation".

Perjuangan Bung Karno, kata dia, telah menginspirasi negara-negara terjajah untuk bangkit, merdeka, membebaskan diri dari cengkeraman neokolonialisme dan imperialisme.

Baca juga, Venezuela Naikkan Harga Bensin 6.000 Persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement