Jumat 17 Feb 2017 18:50 WIB

Cerita Paten Bartholdi, Perancang Patung Liberty

Rep: Dyah Ratna Meta/ Red: Indira Rezkisari
Sebuah perahu tug melintasi deburan ombak dekat Patung Liberty di New York, Senin (29/10) waktu setempat.     (Craig Ruttle/AP)
Sebuah perahu tug melintasi deburan ombak dekat Patung Liberty di New York, Senin (29/10) waktu setempat. (Craig Ruttle/AP)

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 18 Februari 1879 pembuat patung Frederic Auguste Bartholdi mendapatkan hak paten bagi desainnya untuk Patung Liberty Amerika Serikat yang terletak di Kota New York.

Patung Liberty merupakan patung yang dibuat untuk menandai aliansi Prancis dan Amerika pada tahun 1778. Demi pendirian patung yang merupakan lambang kemerdekaan di New York tersebut, Bartholdi mengumpulkan dana baik dari Prancis maupun Amerika.

Seperti dilansir Britannica, Bartholdi mulai membangun Patung Liberty pada tahun 1870. Ia bermimpi membangun sebuah patung raksasa atas inisiatifnya sendiri.

Pada tahun 1886 akhirnya pembangunan Patung Liberty selesai dan diberi nama Liberty Enlightening the World atau Kemerdekaan Menerangi Dunia. Patung Liberty yang berupa dewi kemerdekaan dengan membawa obor merupakan salah satu karya Bartholdi yang terbaik dan termasyhur.

Patung Liberty merupakan hadiah ulang tahun ke-100 kemerdekaan  Amerika Serikat dari Prancis. Ini juga merupakan bentuk persahabatan antara Amerika dan Prancis.

Bartholdi merupakan pembuat patung dan senimal asal Prancis. Ia belajar menggambar dari gurunya Martin Rossbach. Kemudian di Paris, ia belajar membuat patung dari gurunya Antoine Etex. Selain belajar membuat patung ia juga mempelajari seni arsitektur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement