Ahad 11 Jun 2017 06:39 WIB

Senegal Tahan Tujuh Kapal Pukat Cina Pencuri Ikan

Senegal
Foto: .
Senegal

REPUBLIKA.CO.ID, DAKAR -- Pihak berwenang di Senegal telah menahan tujuh kapal pukat Cina karena mencari ikan secara ilegal di perairannya. Kepala misi patroli Angkatan Laut Senegal, Kapten Karim Mara, kepada Reuters mengatakan sebuah kapal patroli Senegal mencegat kapal-kapal Cina itu di lepas pantai kawasan Casamance pada Jumat (9/6).

"Kapal-kapal pukat itu ditangkap karena melakukan pelanggaran dengan mencari ikan tanpa izin di perairan Senegal," kata Mara.

Afrika Barat memiliki sediaan ikan yang paling kaya di dunia, tetapi berkurang dengan cepat karena penangkapan oleh kapal-kapal pukat, sebagiana beroperasi secara ilegal. Sebuah kajian di jurnal Frontiers dalam Sains Kelautan memperkirakan kerugian Afrika Barat per tahun akibat pencurian ikan dan tak terregulasi mencapai 2,3 miliar dolar AS.

"Para nelayan Cina dan juga pekerja dari Guinea- Bissau serta Guinea berada di kapal itu," kata Mara.

Bulan lalu kelompok lingkungan hidup Greenpeace mengatakan negara-negara Afrika Barat telah menahan delapan kapal Cina karena pencurian ikan dan para pemilik kapal dapat dikenai denda jutaan dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement