Senin , 02 Oktober 2017, 02:41 WIB

30 Ribu Warga Tangerang Ikut Gerak Jalan Sarungan

Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/Prayogi
Ilustrasi.
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sekitar 30 ribu warga Kota Tangerang, Banten mengikuti gerak jalan memakai kain sarungan (sarungan) yang menjadi bagian dari kegiatan penutupan Festival Al-azhom ke VI.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Ahad (1/10), menyerukan kepada semua komponen bangsa untuk bisa bersatu membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kita semua berkumpul hari ini untuk bersama-sama mempererat tali silaturahmi dan menguatkan rasa persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Kota Tangerang," katanya.

Wali Kota juga mengajak warga untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila dengan harapan TNI selalu bersama rakyat. Hal senada juga disampaikan Asisten Deputi Menteri Pemuda dan Olahraga, Junaedi yang hadir langsung untuk mengikuti Gerak Jalan Sarungan.

"Ini sungguh luar biasa baru kali ini saya melihat massa sebanyak ini, saya sengaja datang langsung dari Lenteng Agung untuk berkumpul bersilaturahmi dengan masyarakat Kota Tangerang yang luar biasa. Acara seperti ini patut ditiru oleh daerah lain sebagai sarana untuk mempererat tali persatuan dan kesatuan. Ini adalah gambaran Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini sekaligus sebagai sarana bagi kita untuk mengakrabkan diri, sekaligus juga silaturahmi antara masyarakat dengan para birokrat dan juga ulama," paparnya.

Keragaman memang tergambar dari banyaknya masyarakat yang ikut dalam Gerak Jalan Sarungan yang sudah menginjak tahun ke 2. Tua dan muda, laki dan perempuan kompak mengenakan sarung meskipun dengan atasan yang berbeda-beda, ada yang pakai baju muslim, ada yang pakai jas, ada juga yang pakai kaos oblong dan batik, bahkan dari kalangan non muslim pun terlihat mengenakan sarungan.

Semuanya bersatu mengelilingi jalan protokol mulai dari Masjid Raya Al Azhom menuju JL. Siswa kemudian lanjut ke Benteng Makasar untuk kemudian melewati Jl. Dadang Suprapto dan mengarah ke Daan Mogot sebelum melewati Jl. TMP Taruna untuk kemudian Finish di Masjid Raya Al Azhom.

Sementara itu, untuk hadiah utama Gerak Jalan Sarungan diraih oleh Eri Mustari. Warga Poris Plawad Indah tersebut berhak mendapatkan hadiah Satu Paket Haji Gratis dari Wali Kota Tangerang.

Eri yang berasal dari Subang merasa sangat berterimakasih kepada Pemkot Tangerang khususnya Wali Kota yang telah menggelar kegiatan tahunan Gerak Jalan Sarungan. "Mudah-mudahan ini terus dilaksanakan, karena ini sebagai salah satu cerminan dari Kota Tangerang yang Berakhlakul Karimah," terangnya.

Sumber : Antara

Berita Terkait