Selasa 12 Dec 2017 11:12 WIB

Delegasi Indonesia Kunjungi Polandia Perkuat Kerja Sama

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melaksanakan kunjungan muhibah ke Polandia pada 20-23 November untuk membicarakan berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama kedua negara.
Foto: Istimewa
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melaksanakan kunjungan muhibah ke Polandia pada 20-23 November untuk membicarakan berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama kedua negara.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melaksanakan kunjungan muhibah ke Polandia pada 20-23 November untuk membicarakan berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama kedua negara.

Delegasi DPR RI di awal kunjungan menggelar rapat pendapat bersama delegasi GKSB (Grup Kerja Sama Bilateral) Polandia bersama dengan Dubes RI untuk Polandia Peter F. Gontha dan jajaran KBRI Warsawa. Dalam rapat dengar pendapat tersebut, delegasi mendapatkan penjelasan mengenai perkembangan terkini hubungan bilateral kedua negara.

 

Selanjutnya pada 20 November, Wakil Ketua DPR-RI melakukan pertemuan terbatas dengan Ketua Senat Polandia H.E. Mr. Stanislaw Karczewski di Ruang Senat Polandia. Pertemuan tersebut merupakan kunjungan untuk menguatkan diplomasi bilateral Indonesia-Polandia, khususnya di bidang pertanian, pendidikan, perdagangan dan pariwisata.

 

Pertemuan delegasi DPR-RI bersama Ketua senat Polanda membahas beberapa peluang kerjasama yang perlu diperkuat antara lain di bidang pariwisata dan perdagangan. Juga beberapa tantangan yang dihadapi oleh kedua negara dalan menguatkan hubungan kerjasama bilateral. Pertemuan ini juga menjadi forum strategis untuk menyampaikan pentingnya memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Polandia di berbagai bidang.

 

Selain membahas beberapa peluang kerja sama, kunjungan kerja kali ini untuk pemantapan pembentukan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) Indonesia-Polandia.

 

Pertemuan ini juga dimanfaatkan untuk melobi Senat Polandia dalam pembukaan penerbangan langsung Jakarta-Warsawa dan melanjutkan pembahasan code sharing untuk merealisasikan pembukaan jalur penerbangan langsung oleh maskapai nasional kedua negara.

 

Pembahasan penting lainnya, yaitu kerja sama dalam bidang pendidikan. Polandia memiliki sistem pendidikan berkualitas setara dengan negara-negara maju lainnya terutama pada bidang sains, teknologi, kesehatan dan pertanian. Sehingga negara ini dapat menjadi alternatif baru bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di Eropa. Hal ini menjadi kesempatan yang baik buat mahasiswa, karena semacam diversifikasi tujuan studi agar tidak hanya negara-negara Barat tertentu yang sudah menjadi tujuan studi.

 

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon didampingi Dubes RI Warsawa Peter Gontha, bertemu dengan Kepala Kabinet Pemerintah Polandia Krzystof Szczerski di Istana Presiden Polandia 23 November 2017. Pertemuan ini merupakan empat agenda terakhir dari rangkaian kunjungan kerja di Polandia.

 

Dari sejumlah isu yang dibicarakan, seperti kerja sama bilateral di bidang pertanian, pendidikan, perdagangan dan pariwisata, yang menjadi fokus utama pembahasan bersama Kepala Kabinet Pemerintah Polandia adalah meminta dukungan Pemerintah Polandia untuk integritas wilayah Indonesia, khususnya terkait isu Papua yang belakangan kembali mengemuka.

 

Polandia sebagai negara yang aktif dalan forum-forum internasional di kawasan Uni Eropa maupun forum internasional lainnya harus mendapatkan informasi dan pemahaman yang benar tentang permasalahan Papua.

 

Menurut siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (12/12), dalam kunjungan kerja diplomasi bilateral Indonesia-Polandia, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon didampingi oleh Ahmad Riza Patria (Wakil Ketua Komisi II) dan Anang Hermansyah (Anggota Komisi X). Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari diplomasi parlemen Indonesia dalam rangka mempererat hubungan bilateral yang telah ada dengan beberapa MoU sebelumnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement