Jumat 19 Jan 2018 07:40 WIB

Tillerson Lakukan Kunjungan Mendadak ke London

Donald Trump protes kedubes baru AS di Inggris.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Teguh Firmansyah
Menlu Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson
Foto: EPA-EFE/Chris Kleponis
Menlu Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC --  Menteri Luar Negeri Rex Tillerson melakukan kunjungan mendadak ke London bulan ini. Tillerson kemungkinan juga akan mengunjungi kantor kedutaan AS yang baru di sana. Pemindahan kantor kedutaan itu sempat mendapat protes Presiden Donald Trump.

Tillerson sebelumnya mengatakan dia akan singgah sehari di London saat dalam perjalanan. Namun  tak menanggapi pertanyaan apakah akan secara resmi membuka gedung baru tersebut.

Ia hanya menjawab  Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson sudah membuat agenda yang padat dalam kunjungannya tersebut. "Tapi saua berharap bisa mengunjungi kedutaan," lanjutnya.

Presiden Trump sendiri pada minggu lalu menuliskan sebuah cuitan yang menyatakan dirinya tidak akan datang dalam acara peresmian. Menurutnya kantor megah tersebut berada di lingkungan industri yang buruk karena mantan Presiden Obama memiliki investasi yang jelek.

Kementerian Luar Negeri juga menyatakan, tidak ada upacara pemotongan pita oleh Tillerson dalam jadwal saat ini. Namun mereka tidak mengesampingkan akan kemungkinan terjadinya sebuah kunjungan.

Juru bicaraKementerian Luar NegeriHeather Nauert mengatakan pada Kamis, sebagian besar staf telah pindah dari kantor lama menuju kantor baru yang dibuka minggu ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement