Sabtu 13 May 2017 14:38 WIB

Sejarah Hari Ini: Paus John Paul II Tertembak

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Paus Yonahes Paulus II saat ditembak oleh Mehmet Ali Agca, 13 Mei 1981
Foto: telegraf.co.uk
Paus Yonahes Paulus II saat ditembak oleh Mehmet Ali Agca, 13 Mei 1981

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN -- Pada hari ini di tahun 1981, Paus Yohannes Paulus II ditembaķ dan terluka parah saat menjelang ceramah umum mingguannya di lapangan St Peter, Vatikan. Ia terkena dua tembakan dan terluka di bagian perut serta tangan kirinya.

Saat itu ia sedang melewati lapangan dengan menggunakan mobil terbuka. Tiba-tiba ada seorang pria yang meluncurkan empat tembakan, dua di antaranya diarahkan ke Paus. Sedangkan dua tembakan lainnya mengenai warga Amerika Ann Odre (60 tahun) dan warga Jamaika Rose Hill (21 tahun).

Pelaku diketahui seorang pria yang melarikan diri setelah melakukan penyerangan di Turki. Ia adalah Mehmet Ali Agca (23 tahun). Kemudian senjata yang dipegang Agca berhasil disingkirkan dari tangannya oleh para pengunjung lain. Ia ditahan sampai polisi datang menangkapnya.

Paus segera dilarikan ke rumah sakit Gemelli di Roma. Ia langsung menjalani proses operasi bedah selama lima jam. Ia kemudian dinyatakan dalam kondisi stabil setelah mengalami masa kritis berjam-jam tersebut.

Pemimpin umat Katolik Roma dari Polandia pertama setelah 456 tahun itu kemudian memaafkan pelaku penembaknya pada hari keempat. Sementara ia harus menjalani perawatan selama tiga pekan di rumah sakit sampai kondisinya dinyatakan benar-benar pulih.

Agca merupakan salah satu anggota organisasi teroris sayap kanan di Turki, yang dikenal dengan Gray Wolves. Kelompok ini bertanggung jawab terhadap upaya pembunuhan ratusan pejabat publik, aktivis buruh, wartawan dan aktivis sayap kiri untuk membersihkan Turki dari pengaruh sayap kiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement