Sabtu 13 May 2017 14:38 WIB

Sejarah Hari Ini: Paus John Paul II Tertembak

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Paus Yonahes Paulus II saat ditembak oleh Mehmet Ali Agca, 13 Mei 1981
Foto: gidy.com
Richard Nixon

Tahun 1958 menjadi tahun puncak memburuknya hubungan Amerika Serikat (AS) dan Amerika Latin selama bertahun-tahun. Amerika Latin mengeluhkan kebijakan Perang Dingin AS dan antikomunisnya.

Amerika Latin menilai kebijakan tersebut tidak mereka butuhkan saat itu. Karena pada waktu itu Amerika Latin sedang terdesak oleh kebutuhan ekonomi dan politik. Secara khusus, mereka berpendapat lebih membutuhkan bantuan ekonomi yang lebih mendasar ketimbang bantuan persenjataan yang banyak untuk melawan komunisme.

Pada hari ini di tahun 1958, mobil Wapres AS Richard Nixon diserang saat melewati Amerika Latin. Bahkan mobilnya hampir terbalik. Kejadian ini menjadi sorotan dramatis yang menandai puncak kemarahan Amerika Latin terhadap kebijakan-kebijakan yang dinilai kurang tepat sasaran.

Selain kebutuhan ekonomi, mereka juga mempertanyakan dukungan AS terhadap rezim diktator Amerika Latin hanya karena rezim tersebut mendeklarasikan antikomunis.

Sebagai contoh, AS pernah memberikan penghargaan Legion of Merit kepada diktator Venezuela Marcoz Perez Jimenez pada tahun 1954. Jimenez kemudian berhasil digulingkan pada awal tahun 1958.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement