Sabtu 10 May 2014 23:20 WIB

Pengacara Dokter yang Bantu CIA Tangkap Usamah Mengundurkan Diri

Rep: Satya Festiani/ Red: Fernan Rahadi
Usamah bin Laden
Foto: AP
Usamah bin Laden

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pengacara yang membela dokter asal Pakistan yang dipenjara karena membantu CIA menangkap Osama bin Laden mengundurkan diri. Pengunduran dirinya disebabkan oleh adanya ancaman pembunuhan dan dugaan intervensi AS dalam persidangan.

“Saya sering mendapatkan ancaman. Itu tak hanya membahayakan nyawa saya, tetapi juga keluarga saya. Maka dari itu, saya memutuskan berhenti,” ujar pengacara bernama Samiullah Afridi, Sabtu (10/5).

Afridi mewakili dr. Shakil Afridi yang dihukum 33 tahun penjara setelah membantu CIA menemukan pimpinan Alqaidah. Bin Laden bersembunyi di Pakistan hingga tentara AS membunuhnya pada 2011 dalam sebuah penyerangan.

Penyerangan tersebut telah memperburuk hubungan antara AS dan Pakistan. Hingga kini, dr. Afridi masih di penjara dan tengah menjalani pengadilan ulang. Pengacaranya mengatakan, Pemerintah AS telah berulang kali melakukan intervensi. “Pemerintah AS menekan Pemerintah Pakistan agar segera membebaskan dr. Shakil Afridi,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa ia memang menginginkan dr. Afridi segera dibebaskan, tetapi pembebasan tersebut harus berdasarkan prosedur. Oleh karena itu, ia tidak setuju dengan tekanan yang diberikan AS pada Pakistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement