Sabtu 16 Apr 2016 14:58 WIB

Sebagian Jembatan Mataf Sudah Dibongkar

Mataf.
Foto: Kantor Urusan Haji Indonesia, Arab Saudi
Mataf.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH --- Setengah jembatan mataf (tempat tawaf) di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, sudah dibongkar. Pembongkaran jembatan dua lantai yang berbentuk cincin melingkari Kabah ini dilakukan sejak awal April.

Kepala Komite Teknis Mataf di Umm Al Qura UNiversity, Faisal Wafa menyatakan, pembongkaran dilakukan dengan tetap memastikan semua keamanan di Masjidil Haram terjamin.

“Jembatan sementara akan dibongkar sampai 20 Syaban demi mengejar batas waktu pekerjaan Mataf, yaitu pada bulan Ramadhan. Pekerjaan akan dilakukan sepanjang hari,” kata Faisal seperti dikutip Arab News.

Menurut Faisal, pihak keamanan masjid, pertahanan sipil, Komite Teknis Umm Al Qura dan kontraktor, terus melakukan koordinasi satu sama lain. “Koordinasi dilakukan demi memastikan keamanan secara menyeluruh,” katanya.

Kepala Presidensi Dua Masjid Suci, Syekh Abdul Rahman Al Sudais menjelaskan, jembatan mataf sudah tidak diperlukan karenakan proyek perluasan Mataf telah rampung.

Meski begitu, Al Suda meminta orang tua, penyandang disabilitas, dan mereka yang masih mengandalkan kursi roda menggunakan jalur alternatif jembatan Mataf. “Mereka dapat mengikuti pedoman dan petunjuk yang berlaku,” tutur Syekh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement