Senin 16 Oct 2017 15:36 WIB

Tentara Irak Rebut Wilayah yang Dikuasai Kurdi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Tentara Irak.
Foto: ABC
Tentara Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD --  Pasukan Irak merebut  beberapa wilayah di selatan Kirkuk dari pejuang Kurdi pada  Senin dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas kota yang kaya minyak tersebut.

Beberapa daerah di selatan Kirkuk tersebut  merupakan bagian dari wilayah yang mendeklarasikan dirinya merdeka dari Irak dalam sebuah referendum bulan lalu.

Wilayah yang direbut tentara Irak antara lain pangkalan udara utama  disebut K1, stasiun North Gas Company,  pabrik pengolahan terdekat, pembangkit listrik dan kawasan industri. "Pasukan bersenjata Irak terus maju," kata pernyataan militer Irak tersebut, Senin, (16/10).

Kurdistan Regional Government (KRG) tidak mengkonfirmasi perebutan posisi-posisi penting wilayah Kurdi. Namun saluran TV Kurdi utama Rudaw mengatakan, pasukan Peshmerga Kurdi mundur dari posisi selatan Kirkuk.

Kota Kirkuk berada di bawah kontrol Kurdi namun kemajuan serangan pasukan Irak ke zona industri membuat mereka mengendalikan akses selatannya. Irak melancarkan operasi di wilayah multi etnis tersebut pada Ahad, di tengah krisis yang meningkat antara pemerintah Irak dan KRG selama referendum 25 September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement