Rabu 02 Jun 2021 00:30 WIB

Pangeran Iran: Akhir Dari Rezim Iran Tinggal Masalah Waktu

Sejarah telah menunjukkan bahwa sistem totaliter tidak bertahan lama.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Andi Nur Aminah
 Salah satu sudut Kota Teheran. Kendaraan lewat di bawah papan reklame anti-AS. (ilustrasi)
Foto: AP/Vahid Salemi
Salah satu sudut Kota Teheran. Kendaraan lewat di bawah papan reklame anti-AS. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Putra tertua dari Shah (raja) terakhir Iran Mohammad Reza Pahlavi, Reza Pahlavi mengatakan bahwa hanya masalah waktu sampai dunia melihat akhir dari rezim Republik Islam di Iran. Reza mengatakan hal ini kepada surat kabar Arab News.

“Sistem totaliter apa pun, sejarah telah menunjukkan bahwa itu tidak bertahan lama,” kata Pahlavi, berbicara dari Washington dilansir dari Alarabiya, Senin (31/5).

Baca Juga

Mohammad Reza Pahlavi digulingkan dalam revolusi 1979 yang dipimpin oleh Ruhollah Khomeini, yang kemudian mendirikan Republik Islam. Reza Pahlavi mengatakan pemuda Iran menginginkan kehidupan yang berbeda kehidupan yang tidak disediakan oleh rezim negara.

“Hari ini, kami melihat kesempatan untuk kebebasan lebih dan lebih, lebih keras dan lebih keras di setiap sudut negara. Dan itu menunjukkan fakta bahwa tidak hanya rezim yang telah kehilangan legitimasinya, tetapi juga mulai kehilangan cengkeramannya," katanya.

Ketika berbicara tentang JCPOA, atau kesepakatan nuklir Iran, Pahlavi mengatakan bahwa rezim Iran tidak dapat mengubah perilakunya karena seluruh keberadaannya bergantung pada kelangsungan hidupnya. Iran ingin mengekspor ideologi dan mendominasi kawasan baik secara langsung atau melalui proxy. Menurut Pahlavi, rezim tidak mampu menerima cara dunia ingin melihat norma.

“Jadi terlepas dari apa yang coba dinegosiasikan di sini, hasil akhirnya adalah sia-sia dan rezim hanya menggunakan apapun itu sebagai alat pemerasan. Memaksa dunia untuk menghadapinya sehingga dapat melanjutkan cengkeramannya dalam geopolitik,” ujarnya.

Pahlavi mengatakan pencabutan sanksi terhadap Teheran akan menambah keberanian Republik Islam Iran. Hal ini juga memungkinkannya untuk melanjutkan keadaannya yang terus-menerus menciptakan ketidakstabilan di kawasan itu. “Saya pikir satu-satunya cara untuk mendapatkan lebih banyak hasil bukanlah dengan mengendurkan tekanan tetapi dengan memberikan lebih banyak tekanan,” katanya.

Menurutnya, menerapkan lebih banyak tekanan kepada Iran bermanfaat bagi rakyat Iran yang membayar harga setiap kali rezim mendapat dukungan. Pahlavi mengatakan dia tidak mengharapkan rakyat Iran untuk menerima manfaat ekonomi apa pun yang akan diperoleh rezim jika pembicaraan nuklir yang sedang berlangsung di Wina menghasilkan keringanan untuk Iran.

"Kami telah melihat itu telah terjadi sekali selama pemerintahan Obama, di mana sejumlah besar uang telah dilepaskan ke rezim dan tidak ada yang dihabiskan untuk rakyat Iran," katanya.

Iran dan kekuatan dunia telah terlibat dalam pembicaraan di Wina sejak April yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir. Mantan Presiden AS Donald Trump meninggalkan kesepakatan pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi ekonomi yang melumpuhkan Iran.

Ditanya tentang dukungan Iran untuk milisi regional, Pahlavi mengatakan kepentingan rakyat Iran dan penguasa mereka sama sekali berbeda. “Rezim memiliki kepentingan untuk terus mengobarkan ketidakstabilan karena kelangsungan hidupnya tergantung pada itu. Di sisi lain, kepentingan nasional kita pertama-tama dan terutama bergantung pada stabilitas dan perdamaian, dan hubungan baik dengan tetangga kita, dibandingkan dengan terus-menerus mencampuri urusan dalam negeri mereka dengan berbagai cara campur tangan,” katanya.

 

Hubungan Saudi-Iran

Mengomentari sebuah wawancara baru-baru ini di mana Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman mengatakan bahwa Arab Saudi menginginkan Iran yang “makmur” dan bercita-cita untuk memiliki hubungan baik dengan Teheran, Pahlavi mengatakan: “Saya pikir itu adalah pesan kepada rakyat Iran lebih dari sekedar pesan. Pesan kepada rezim.  Jadi, saya pikir pesannya, jika memang seperti yang saya asumsikan, pasti akan diterima dengan baik oleh rakyat Iran," ungkapnya.

“Rezim sedang turun, dan cepat atau lambat, orang-orang akan bebas di Iran, dan merekalah yang harus memilih dan menanggapi gerakan ini,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement