Selasa 07 Sep 2021 09:48 WIB

PM Inggris Bangga dan Puji Warisan Negaranya di Afghanistan

Johnson memuji pasukan Inggris karena membawa stabilitas dan perdamaian

Red: Nur Aini
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Senin (6/9) mengatakan negaranya harus
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Senin (6/9) mengatakan negaranya harus "bangga dengan warisannya" di Afghanistan, meski Taliban mengambil alih total negara itu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Senin (6/9) mengatakan negaranya harus "bangga dengan warisannya" di Afghanistan, meski Taliban mengambil alih total negara itu.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan ke gedung parlemen, Johnson memuji pasukan Inggris karena membawa stabilitas dan perdamaian ke negara Asia tengah itu serta melakukan evakuasi militer terbesar Inggris pasca-Perang Dunia II, tetapi mereka hanya merelokasi 15.000 warga Afghanistan.

Baca Juga

“Jika ada yang masih tergoda untuk mengatakan bahwa kami tidak mencapai apa pun di negara itu dalam 20 tahun, beri tahu mereka bahwa angkatan bersenjata kami dan sekutu kami memungkinkan 3,6 juta anak perempuan bersekolah; beri tahu mereka bahwa negara ini dan dunia Barat dilindungi dari al-Qaeda di Afghanistan selama periode itu, dan beri tahu mereka bahwa kami baru saja melakukan pengangkutan udara kemanusiaan terbesar dalam sejarah baru-baru ini,” kata Johnson.

“Kami bisa bangga dengan pasukan kami untuk semua yang telah mereka capai dan warisan yang mereka tinggalkan. Dan apa yang mereka lakukan adalah dalam tradisi terbaik negara ini,” tutur dia.

Komentar Johnson sangat kontras dengan perkembangan yang sedang berlangsung saat ini di Afghanistan. Taliban meraih kekuasaan bulan lalu menyusul serangan cepat yang membuat provinsi-provinsi jatuh tanpa perlawanan dan penyerahan total pemerintah Afghanistan dan militernya.

Menurut berbagai laporan, Panjshir – provinsi terakhir yang tidak berada di bawah kendali kelompok tersebut – jatuh ke tangan Taliban Pada Senin.

Kritikan oposisi Inggris

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pm-inggris-bangga-dan-puji-warisan-negaranya-di-afghanistan/2357467
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement