Sabtu 05 Jun 2010 18:25 WIB

Obama Tunjuk Mantan Jenderal Sebagai Kepala Intelijen

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Presiden Amerika Serikat Barack Obama memilih seorang veteran intelijen AS, jenderal purnawirawan James Clapper, sebagai direktur baru intelijen nasional, kata beberapa sumber kepada AFP Jumat.

Clapper, yang nominasinya muncul pada saat ancaman keamanan dalam negeri menumpuk, akan menggantikan Dennis Blair, yang mengundurkan diri bulan lalu di tengah kecaman tajam setelah terjadinya serangkaian kegagalan pengamanan."Clapper akan dipilih," kata satu sumber intelijen kepada AFP, yang minta tidak disebut identitasnya.

Seorang pejabat pemerintah juga mengatakan kepada AFP, bahwa dia akan membenarkan dipilihnya Clapper untuk mengemban jabatan itu.

Blair mundur setelah muncul kecaman-kecaman bahwa aparat intelijennya dianggap tak cukup mampu menggagalkan serangan-serangan yang dirancang, termasuk salah satunya oleh kelompok jaringan Al Qaida yang berupaya menjatuhkan sebuah pesawat AS pada 25 Desember lalu.

Obama diperkirakan akan mengumumkan penunjukan Clapper - yang saat ini wakil sekretaris pertahanan dan intelijen - pada satu acara di Gedung Putih Sabtu, kata sumber ketiga, yang juga minta namanya tidak disebutkan.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement