Kamis 22 Jul 2010 18:42 WIB

Korsel-AS Sepakat Adakan 10 Kali Latihan Gabungan Tahun Ini

Hillary Clinton dan Robert Gates di perbatasan Korea Utara-Korea Selatan
Foto: AFP
Hillary Clinton dan Robert Gates di perbatasan Korea Utara-Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL--Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan dalam bulan-bulan mendatang, mereka akan melakukan serangkaian latihan angkatan laut gabungan paling tidak sebanyak 10 kali.  Menteri Pertahanan AS Robert Gates menyebut penting latihan itu  untuk menunjukkan "tekad untuk tidak terintimidasi".

Ia mengatakan latihan akan 'defensif di alam' dan dimaksudkan sebagai tampilan dukungan dalam menghadapi 'agresi' dari Korea Utara. Namun Cina mengulangi keprihatinan atas latihan itu, dan mengatakan latihan skala besar bisa memperburuk ketegangan di kawasan itu.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan Gates sebelumnya pada Rabu mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Korsel, Yu Myung Hwan, dan Menteri Pertahanannya, yang disebut sebagai "pertemuan dua ditambah dua" di di Seoul.

Dalam pernyataan bersama mereka memperingatkan Utara akan 'konsekuensi serius' untuk agresi masa depan dan mendesak negara itu mengakuitelah menenggelamkan kapal Cheonan.

Sanksi AS terbaru bertujuan menghentikan aktivitas Korut dengan membuat negara ini "kekurangan uang" dengan menutup semua celah bagi penjualan senjata nuklir atau bahan yang terkait, serta pencucian uang dan  kegiatan terlarang lainnya.

Clinton berencana untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Yang Jiechi, pada Kamis dalam pertemuan regional di Vietnam.

"Kami akan berkonsultasi dengan Cina tentang apa yang kita pikirkan (adalah) langkah tambahan yang dapat diambil," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Philip Crowley pada wartawan.

Langkah-langkah hukuman akan memperkuat penegakan resolusi Dewan Keamanan PBB yang disahkan setelah tes Utara nuklir dan rudal, kata Clinton.

Dia bersumpah upaya-upaya baru dengan pemerintah lain untuk menutup perusahaan Korea Utara terlibat dalam kegiatan yang dilarang dan mencegah bank-bank luar negeri dari penanganan transaksi terlarang Korut.

Dengan penargetan barang-barang mewah seperti rokok, minuman keras, dan makanan eksotis yang merupakan kegemaran pimpinan rezim, serta tokoh-tokoh berpengaruh, pemerintahan Obama berharap Korut bisa ditekan. Sanksi juga akan berusaha untuk menindak keras para diplomat Korea Utara memanfaatkan status mereka untuk hal-hal yang bertentangan dengan sanksi.

Dia mengatakan tidak ada rencana untuk kembali ke pembicaraan perlucutan senjata enam-pihak dengan Utara dalam waktu dekat. Kecuali, Pyongyang mengakui perannya dalam tenggelamnya Cheonan, berkomitmen untuk perlucutan  senjata atom, dan menghentikan 'tindakan agresif".

sumber : AFP via The Straits Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement