Senin 26 Jul 2010 17:46 WIB

Banjir Sebabkan Kerusakan Parah di Iowa Amerika

Rep: c21/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,MONTICELLO, IOWA--Banjir tak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga pelosok benua lain, salah satunya Amerika Serikat. Akibat bendungan yang gagal berfungsi, air dari Sungai Maquokete di Iowa meluap dan merendam wilayah kota.

Banjir terjadi Sabtu (24/7). Banjir terjadi karena bendungan di Danau Delhi gagal membendung air yang terus menerus naik di Sungai Maquokete. Akibatnya warga di beberapa wilayah segera dievakuasi, diantaranya berada di area Hopkinton dan Monticello yang berada persisi di bawah bendungan.

Menurut Kepala Pekerjaan Umum Monticello, Dana Edward sekitar 50 rumah dan 20 bisnis mengalami kerusakan akibat banjir ini. Tak hanya itu, ia pun mengatakan kerugian yang diderita warga pun mencapai puluhan juta dolar.

Akibat banjir, saluran pembuangan di kota ini pun turut kebanjiran. Sebagian besar penduduk di wilayah dengan 3.700 penduduk ini terpaksa menutup saluran toilet mereka agar limbah tak mengalir di sungai.“Yang pasti, kita sedang mencoba mengatasi kerusakan lingkungan yang terjadi karena pengenceran limbah yang terjadi karena banjir,” kata Edward.

Ia menuturkan, penutupan saluran ini tak terjadi pada air minum. Namun pihaknya tetap meminta masyarakat untuk menggunakan air sedikit mungkin.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement