Kamis 16 Dec 2010 19:57 WIB

Pemimpin Muslim Dibunuh di Kaukasus Utara

REPUBLIKA.CO.ID,NALCHIK--Seorang pemimpin agama Islam ditembak hingga tewas oleh orang-orang tak dikenal yang bersenjata pada Rabu di republik Kaukasus Utara Rusia Kabardino-Balkaria, kata sumber kepolisian.

"Anas Pshikhachev, pemimpin Departemen Spiritual Muslim Kabardino-Balkaria ditembak hingga tewas di Nalchikpada pukul 19:30 waktu Moskow," kata sumber tersebut. Dia menambahkan bahwa Pshikhachev, 43 tahun, ditembak tidak kurang dari empat kali dan meninggal di tempat kejadian.

Tidak ada keterangan lain mengenai pembunuhan itu dan siapa orang-orang bersenjata tersebut.

Berita dari Machachkala sebelumnya mewartakan pasukan khusus Rusia menewaskan pemimpin pejuang di Dagestan, kata kantor pers Komite Antiteroris Nasional republik Kaukasus Rusia Utara, Ahad.

"Tahap aktif operasi telah selesai. Tiga pejuang telah tewas. Identitas mereka telah diketahui. Di antara mereka yang tewas termasuk pemimpin kelompok pejuang lokal, Nabi Migibdinov," kata kantor pers itu.

Mereka menambahkan bahwa pemimpin jaringan itu terlibat dalam satu serangan terhadap sebuah pos patroli di Buinaksk, Rusia selatan, pada 2009, yang menyebabkan 11 orang tewas.

Serangan-serangan dan baku tembak dengan polisi sering terjadi di republik Kaukasus Utara Rusia yang bergolak itu, terutama di Dagestan dan tetangganya Chechnya serta Ingushetia.

Kremlin telah berikrar untuk menumpas para pejuang sementara berusaha meningkatkan perkembangan ekonomi di wilayah itu.

sumber : ant/RIA Novosti-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement