Selasa 04 Jan 2011 04:29 WIB

Hadapi 2011, Obama Gali Inspirasi dari Reagen

Barack Obama
Foto: AP
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Tahun 2011 siap menghadang Presiden AS Barack Obama. Hilangnya mayoritas kursi Demokrat di Kongres dan menukiknya popularitas di dalam negeri menjadikan ia lebih prihatin di liburan akhir tahunnya.

Obama memang sedang cuti bertugas di Hawaii namun pikirannya tetap tertinggal di Washington. Obama membawa satu buku biografi pendahulunya Ronald Reagan. Bisa jadi Obama menggali inspirasi dari pengalaman pendahulunya guna menghadapi tantangan tahun 2011.

"Reagan mungkin model yang paling sesuai dengan kondisi dirinya," tulis Bardley Bloch dalam artikel yang dimuat di The Huffington Post. Block menuliskan apa yang dialami Obama begitu mirip dengan kondisi Reagan di awal karirnya. Keduanya juga mengalami bencana serius dengan pemilihan sela. Karenanya, tulis Bloch, Obama percaya langkah yang dilakukan Reagan akan memberikan pencerahan pada dirinya.

"Seperti Obama, Reagan sangat menghargai privasi dan suka berteman," kata dia seperti dikutip telegraph.co.uk, Senin (3/1). Selain membaca buku Reagan, Obama juga memilih dua buku terlaris yakni "Our Kind of Traitor" karya John Le Carré's dan "The Thousand Autumns" karya Jacob de Zoet.

Obama bersama Istri dan anak-anaknya menghabiskan 12 hari di Oahu, Hawaii. Selain

membaca dia juga bermain golf, berselancar dan menghabiskan waktu dengan nongkrong di pantai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement