Senin 17 Jan 2011 07:57 WIB

Kapal Korsel Dibajak Perompak, Dua WNI Disandera

Perompak Somalia beraksi, ilustrasi
Foto: Blogspot
Perompak Somalia beraksi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL-- Para perompak Somalia membajak kapal Korea Selatan yang berawak 21 orang termasuk dua warga Indonesia di Laut Arab, dua bulan setelah kapal super tangki milik perusahaan yang sama dibebaskan setelah tujuh bulan ditahan, kata pemerintah dan media lokal.

Satu pernyataan Kementerian Luar Negeri yang dikeluarkan Sabtu malam mengatakan kabinet bersidang untuk membicarakan bagaimana menangani pembajakan kapal Samho Jewelry berbobot mati 11.500 ton, yang dibajak ketika mengangkut bahan kimia ke Sri Lanka dari Uni Emirat Arab (UAE).

Kapal itu berawak delapan warga Korea, 11 Myanmar dan dua warga Indonesia. "Kami mengoperasikan dua tim -- satu di kedubes Korea di Kenya dan satu lagi di Kementerian Luar Negerl-- dibentuk segera setelah pembajakan itu dikonfirmaskan," kata kementerian tersebut.

Media lokal yang mengutip kementerian luar negeri mengatakan perusahaan itu sedang melakukan kontak dengan kapal yang dibajak itu dan telah mengetahui lokasinya, sementara tuntutan pihak perompak belum diketahui.

Laporan-laporan mengatakan sebuah kapal perusak Korsel sedang mengejar kapal yang dibajak itu. Menurut media lokal, Samho Jewelry milik perusahaan Samho Shipping, yang kapal super tangkinya Samho Dream dibebaskan November setelah ditahan oleh para perompak Somalia selama tujuh bulan. Para perompak mengatakan mereka menerima uang tubusah terbesar 9,5 juta dolar bagi pembebasan kapal itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement