Senin 24 Jan 2011 08:00 WIB

Polisi Meksiko Tangkap Kepala Geng Acapulco

REPUBLIKA.CO.ID,MEKSICO CITY--Polisi telah menangkap seorang kepala geng kriminal yang diyakini bertanggung jawab atas pembunuhan lebih dari 20 orang di kota pelancongan Acapulco Meksiko, kata para pejabat Minggu. Lozano Jose Martinez, yang dikenal dengan julukan "El Lozano," ditangkap bersama dengan enam orang lain pada Kamis dalam satu razia, kata mereka.

Pejabat keamanan publik mengatakan, pemuda 21 tahun itu diakui berpartisipasi dalam pembunuhan 22 orang pada awal bulan ini di Acapulco. Dia dan rekan-rekannya terkait dengan apa yang dinamakan Kartel Independen Acapulco (CIDA), yang dipimpin oleh Edgar Valdez Villarreal, alias "La Barbie," sampai dia ditangkap pada 30 Agustus.

Geng Acapulco berada dalam perang wilayah berdarah dengan kartel lain untuk mengusasi perdagangan narkotika yang menguntungkan. Pertempuran telah menewaskan sekitar 30 orang dalam bulan ini, termasuk 15 yang dipenggal kepalanya ditemukan di pantai resor tersebut.

Sekitar 34.600 orang telah tewas sejak tahun 2006, ketika Presiden Felipe Calderon meluncurkan penumpasan terhadap geng-geng kuat di negara itu yang melibatkan puluhan ribuan tentara, menurut angka resmi.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement