Kamis 24 Feb 2011 12:38 WIB

Agen AS Dibunuh Pembunuh Bayaran Kartel Meksiko

Pembunuhan
Pembunuhan

REPUBLIKA.CO.ID,MEXICO CITY - Tersangka pembunuhan agen Federal Amerika Serikat merupakan pemimpin geng pembunuh bayaran kartel narkoba Zetas. Demikian menurut Kementerian Pertahanan Meksiko pada Rabu (23/2) malam.

Agen AS pekan lalu terbunuh di Meksiko. Tersangkanya bernama Julian Zapata Espinosa. Dia ditangkap bersama delapan orang lainnya. ''Julian Zapata Espinosa diidentifikasi sebagai pemimpin kelompok pembunuh bayaran untuk kartel Zetas,'' kata juru bicara Kementerian Pertahanan Meksiko, Ricardo Trevino, kepada wartawan.

Agen AS Jaime Zapata dan rekannya Victor Avila ditembak pada 15 Februari lalu ketika mengendarai kendaraan lapis baja dari kota San Luis Potosi menuju Mexico City di sebuah wilayah yang dilanda kekerasan narkoba. Washington telah berkirar bahwa pria bersenjata tersebut akan berurusan dengan hukum. Sementara, tim penyidik Meksiko masih bekerja sama dengan satuan tugas bersama dari Kementerian Kehakiman dan Keamanan Nasional AS guna menyelidiki kasus penembakan itu.

Pada Rabu (23/2), Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden Barack Obama akan bertemu dengan Presiden Meksiko Felipe Calderon pekan depan. Keduanya akan bertemu di tengah berlangsungnya kekerasan narkoba serta ketegangan terkait strategi bersama mereka untuk mengatasi masalah itu.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement