Rabu 13 Oct 2010 09:50 WIB

BPOM Taiwan Telah Peringatkan Indomie Juni Lalu

Indomie
Indomie

REPUBLIKA.CO.ID, TAIWAN--Taiwan menegaskan kandungan pengawet Indomie melebihi aturan BPOM Taiwan mengatakan PT Indofood sudah mendapat peringatan tentang kandungan bahan pengawet yang tinggi dalam Indomie sejak Juni lalu. Namun demikian Dr Shu-Jean Tsai, Direktur Divisi Keselamatan Makanan di Food Drug Administration(FDA) Taiwan, mengatakan hasil pemeriksaan laboratorium pekan lalu mendapatkan Indomie masih mengandung bahan pengawet metil para hidroksi benzoat.

Dengan adanya temuan itu kemudian FDA memutuskan untuk menarik produk-produk Indomie dari pasaran di Taiwan. Dalam keterangan kepada BBC Indonesia Tsai mengatakan PT Indofood, sudah menyatakan dalam surat balasannya bahwa produk mereka ekspor ke Taiwan memenuhi persyaratan negara itu.

Dalam balasan itu, menurut Tsai Indomie mengatakan membuat dua jenis produk, satu untuk pasar Taiwan satu lagi untuk negara-negara lain. "Tetapi para importir mengimpor dua jenis produk Indomie ittu," kata Tsai.

Shu-Jean Tsai mengatakan pihaknya melakukan inspeksi atas produk Indomie yang diimpor secara sah ke Taiwan. Dia mengatakan dalam enam sample sachet kecap Indomie yang diperiksa, ditemukan kandungan metil para hidroksi benzoat sebesar 310 parts per million (ppm) dalam satu sample dan 200 sampai 240 ppm di lima sample lainnya, padahal senyawa ini tidak boleh ada sama sekali dalam produk makanan di Taiwan.

Tsai mengatakan dalam mi merek Indomie juga ditemukan zat aditif asam benzoat dalam tepung gandum dengan kadar sampai 100 ppm, melebihi tingkat 60 ppm yang dibolehkan di Taiwan. FDA juga menemukan asam benzoat juga ditemukan dalam bumbu kering, cabe dan bawang merah kering. "Karena itu Indomie ilegal di Taiwan, bukan hanya karena soal metil para hidroksi benzoat tetapi karena persoalan asam benzoat," kata Dr Tsai.

Tsai mengakui bahwa aturan di negaranya berbeda dengan aturan-aturan negara lain. "Saya ingin menekankan bahwa produk-produk itu tidak memenuhi peraturan di Taiwan karena itu kami tarik, kami tidak peduli apakah produk-produk itu memenuhi aturan negara-negara lain, tetapi kami peduli agar produk-produk itu memenuhi aturan di Taiwan, " tegas Tsai.

Tai mengatakan tidak ada alasan lain dalam menarik Indomie dari pasaran di Taiwan. Tsai mengatakan tidak ada keuhan kesehatan dari konsumen Indomie di Taiwan. Tsai menambahkan tidak ada produk Indonesia lain yang ditarik dari Taiwan.

sumber : BBC Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement